Menristekdikti, Mohamad Nasir, Kemenristekdikti/Humas.
Menristekdikti, Mohamad Nasir, Kemenristekdikti/Humas.

Waspada Kampus Abal-abal, Cek Legalitas PTS di PDDikti

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 10 Juli 2019 12:18
Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) merilis aplikasi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Mobile. Aplikasi ini berisi informasi akreditasi dan legalitas perguruan tinggi (PT) di seluruh Indonesia.
 
“Nanti anda bisa lihat kalau perguruan tinggi yang lain bisa dilihat di PDDikti Mobile,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Jakarta, Rabu 10 Juli 2019.
 
Aplikasi ini bertujuan agar calon mahasiswa bisa lebih selektif memilih perguruan tinggi. Terutama untuk menghindari calon mahasiswa masuk ke kampus abal-abal. Tak hanya itu, mahasiswa juga bisa membandingkan perguruan tingi mana yang terbaik di program studi yang diinginkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tujuannya adalah memberikan informasi lengkap kepada publik supaya tidak mencari perguruan tinggi yang tidak terakreditasi atau perguruan tinggi yang tidak terdaftar,” ujar mantan rektor terpilih Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini.
 
Aplikasi ini merupakan alternatif bagi calon mahasiswa yang belum berhasil lolos di SBMPTN. Nasir juga mengimbau, bagi yang belum lolos SBMPTN agar tak putus asa dan bisa mencoba di perguruan tinggi lain melalui jalur mandiri.
 
“Silakan melihat ke (aplikasi) ini. Jangan sampai kita gagal dalam menempuh SBMPTN dan tidak mau kuliah,” terangnya.
 
Namun untuk saat ini, akses menggunakan PDDikti Mobile masih dibatasi hanya untuk pengguna Android saja. Ke depan, akan menyusul akses untuk pengguna Apple.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif