Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. foto: Medcom.id/Citra Larasati
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. foto: Medcom.id/Citra Larasati

Pemerataan Guru Jadi Tantangan Utama Kemendikbud

Pendidikan Pemerataan Pendidikan
Sri Yanti Nainggolan • 30 November 2019 18:56
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut pemerataan guru jadi salah satu tantangan utama memperbaiki kualitas pendidikan Tanah Air. Menurut dia, kesuksesan pemerataan guru bergantung pada persiapan pemerintah daerah dan provinsi.
 
"Jadi tantangan utama bagi kami juga," kata Nadiem di Jakarta, Sabtu, 30 November 2019.
 
Nadiem menuturkan pemerintah pusat punya tanggung jawab melayani serta membantu pemerintah daerah dan provinsi untuk melaksanakan pemerataan guru. Pemerintah pusat harus jadi motor penggerak perbaikan kualitas pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta secara khusus kepada Nadiem untuk memperhatikan kualitas pendidikan secara merata dan efisien. Tidak hanya di Pulau Jawa melainkan juga di luar Pulau Jawa dari Sabang hingga Merauke.
 
Presiden Jokowi menyebut dan menekankan hal itu kepada Mendikbud dalam rapat kabinet terbatas tentang Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) di Kantor Presiden Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2019.
 
"Saya ingin titip manfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang merata dan efisien, Pak Mendikbud tolong dilihat betul negara kita bukan hanya Jakarta, bukan hanya Jawa," katanya.
 

 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif