Ilustrasi sepak bola. Foto: ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi sepak bola. Foto: ilustrasi/Medcom.id

Menristekdikti Siap Gelar Liga Sepak Bola Mahasiswa

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 13 September 2019 14:04
Jakarta: Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengungkapkan niatnya untuk menggelar Liga Mahasiswa. Rencananya liga sepak bola mahasiswa yang pertama kali akan digelar.
 
"Liga Mahasiswa baru akan kami garap. Kami bicarakan bagaimana pendanaan, bagaimana caranya (penyelenggaraanya). Kami juga akan mohon ke Presiden," kata Nasir di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat, 13 September 2019.
 
Liga mahasiswa ini, selain untuk memfasilitasi mahasiswa dalam berkompetisi, juga bisa memunculkan bibit-bibit baru pemain timnas. Sebab, kata Nasir di usia mahasiswa 18 sampai 23 merupakan usia emas untuk menjadi atlet sepak bola.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini mungkin pemain bola nasional munculnya dari para mahasiswa. Karena rata-rata mahasiswa di usia 18-23 tahun kalau pemain bola itu usia emasnya di 23 sampai di 25, berarti masih akan meniti karir pemain bola akan baik," terangnya.
 
Selain itu juga, liga ini bisa menjadi keuntungan bagi kampus, karena bisa meningkatkan reputasi kampus. Seperti liga mahasiswa yang ada di Amerika.
 
"Di Amerika kampus kampus punya liga yang baik, yaitu Basket, Softball terutama basket. Liga basket mahasiswa itu bisa jadi nilai tambah, bisa memberikan revenue generating mengangkat reputasi kampus karena olahraga," ujar Nasir.
 
Nasir mengungkapkan tidak menutup kemungkinan cabang olahraga lain juga akan dibuatkan liga mahasiswa. Salah satunya basket.
 
"Apa Indonesia tidak bisa? Nah ini kami coba. Mulai kami lakukan pertama dengan Liga Mahasiswa ini," lanjutnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif