Ilustrasi sekolah. MI/Widiyanto
Ilustrasi sekolah. MI/Widiyanto

Hepatitis Akut Merebak, Kemendikbudristek Pastikan PTM Terbatas Berjalan Aman

Ilham Pratama Putra • 23 Mei 2022 15:00
Jakarta: Pemerintah kembali memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas setelah dua tahun belajar daring akibat pandemi covid-19. PTM terbatas tetap dilanjutkan meski kini tengah marak kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak.
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta warga satuan pendidikan tetap tenang dan menjalankan PTM terbatas. Sejauh ini, PTM terbatas terpantau aman.
 
"Laporan sejauh ini aman. Dan kami menggunakan data dari Kementerian Kesehatan, ada laporan pantauan anak kepada kami. Dan ini jadi acuan kami untuk penangangan kasus menjamin PTM berjalan baik," kata Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto, dalam siaran YouTube FMB9ID_IKP, Senin, 23 Mei 2022.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, dia menyebut kasus hepatitis akut di kalangan pelajar perlu diwaspadai. Satuan pendidikan hingga Dinas Pendidikan diminta memperhatikan perkembangan kasus hepatitis akut, utamanya di sekolah.
 
"Dinas pendidikan dan satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kewaspadaan. Selain itu meningkatkan kerja sama yang solid dengan orang tua dan palayanan kesehatan," kata Anang.
 
Anang juga meminta warga pendidikan tetap menjalankan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri terkait PTM Terbatas. Dia menyebut aturan tersebut masih relevan dalam mencegah hepatitis akut.
 
"Protokol kesehatan pencegahan penularan hepatitis akut selaras dengan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan pebelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi," tutur dia. 
 
Baca: Satuan Pendidikan dan Disdik Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Hepatitis Akut
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif