Wisuda UGM digelar daring dan luring akibat pandemi covid-19.  Foto: Dok. UGM
Wisuda UGM digelar daring dan luring akibat pandemi covid-19. Foto: Dok. UGM

Digelar Daring dan Luring, 1.113 Mahasiswa UGM Diwisuda

Pendidikan Pendidikan Tinggi Wisuda Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 21 Oktober 2020 18:57
Jakarta:  Universitas Gadjah Mada (UGM) mewisuda 1.113 wisudawan dalam upacara wisuda Program Pascasarjana periode III Tahun Akademik 2019/2020, periode IV Tahun Akademik 2019/2020, dan Periode I Tahun Akademik 2020/2021.  Wisuda digelar secara daring dan luring di Halaman Balairung UGM, Rabu, 21 Oktober 2020.
 
Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan, pelaksanaan wisuda di UGM kali ini digelar secara daring dan luring akibat pandemi covid-19. Kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk menekan mata rantai penyebaran virus korona dan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri orang-orang di sekitar.
 
“Kondisi ini memang tidak ideal dan mungkin juga tidak sesuai dengan harapan Saudara-saudara sekalian. Namun, ini tidak mengurangi makna dan penghargaan atas perjuangan yang telah Saudara lalui di kampus,” kata Panut, dalam keterangannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pandemi covid-19, kata Panut, telah memberikan dampak yang luas bagi kehidupan bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia. Pandemi menjadikan pertumbuhan ekonomi menukik tajam, industri dan berbagai kegiatan bisnis mengalami kesulitan, dan ancaman pemutusan hubungan kerja terjadi di berbagai sektor.
 
Kendati begitu, pandemi covid-19 juga telah mempersatukan, memperkuat solidaritas dan kepedulian, membangkitkan kembali jiwa gotong-royong masyarakat yang selama ini seolah sirna. Di samping itu, pandemi mampu memacu kreativitas dan inovasi anak bangsa.
 
Terbukti hasil kerja sama riset antar perguruan tinggi dengan para mitra di bidang penemuan vaksin dan obat, alat-alat kesehatan, dan usaha-usaha pemulihan ekonomi membuahkan banyak hasil yang sangat baik.
 
Dalam jangka waktu beberapa bulan terakhir, UGM telah turut berkontribusi untuk mengatasi pandemi serta dampak-dampak yang dibawanya.  Baik bagi sivitas UGM maupun bagi masyarakat luas.
 
Baca juga:  Senat IPB Setuju Beri Gelar Honoris Causa untuk Doni Monardo
 
Secara internal, UGM telah menerapkan sejumlah inovasi kebijakan mulai dari penerapan kuliah daring beserta pemberian bantuan paket data, bantuan sembako bagi mahasiswa, dan keringanan UKT, serta pembentukan Satgas Covid-19 UGM.
 
Sementara dalam lingkup yang lebih luas, UGM melalui para penelitinya turut serta menangani dampak pandemi di bidang kesehatan melalui pengembangan produk inovasi berbasis riset. Beberapa di antaranya berupa ventilator untuk pasien Covid-19, alat deteksi cepat pasien covid-19 berbasis senyawa organik volatil pada nafas pasien yang dinamakan GeNose, alat deteksi cepat Covid-19 RI-GHA 19, thermal gate scanner, bilik swab pintar, alat sterilisasi masker, serta sejumlah produk inovasi lainnya.
 
Panut berharap para wisudawan yang telah diwisuda hari ini dapat turut mengambil bagian dalam upaya-upaya kreatif mengatasi pandemi yang diyakini dampaknya akan masih dirasakan hingga beberapa tahun mendatang. Sebagai alumni UGM juga diharapkan dapat membawa mandat untuk menggunakan ilmu  sebesar-besarnya bagi kepentingan rakyat dan memajukan Indonesia.
 
“Sebagai seorang lulusan UGM yang memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan dan universitas pusat kebudayaan, saya berharap kehadiran Saudara di tengah-tengah masyarakat bisa sungguh-sungguh memberi arti dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik,” paparnya.
 
Pada wisuda program pascasarjana periode I Tahun Akademik 2020/2021 di bulan Oktober 2020 ini sekaligus diikuti oleh wisudawan dari periode III Tahun Akademik 2019/2020 atau wisuda bulan April 2020 dan wisudawan periode IV Tahun Akademik 2019/2020 atau wisuda bulan Juli 2020.
 
Dalam wisuda periode III Tahun Akademik 2019/2020 UGM mewisuda 1.113 wisudawan.  Terdiri dari  959 orang lulusan Program Magister (S2), 87 orang lulusan Program Spesialis, dan 67 orang lulusan Program Doktor (S3).
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif