Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Sultan HB X Minta Pembukaan Sekolah Dipertimbangkan Matang

Pendidikan sekolah Kenormalan Baru
Ahmad Mustaqim • 02 Juli 2020 18:49
Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan akan berhati-hati dalam membuka sekolah untuk kegiatan tatap muka di tahun ajaran baru 2020/2021. Ia menekankan, jajarannya agar mengambil langkah pembukaan sekolah dengan matang.
 
Sri Sultan merasa perkembangan kasus infeksi covid-19 di lapangan masih butuh penanganan. Apalagi DIY masih berstatus tanggap darurat covid-19 hingga akhir Juli.
 
"Saya belum berani. Risikonya terlalu besar, apalagi anak-anak," kata Sri Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis, 2 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Nadiem: Zona Kuning Hingga Merah Dilarang Membuka Sekolah
 
Ia mengatakan, pembukaan sekolah harus berpijak pada perkembangan penanganan kasus covid-19. Meski jumlah penambahan kasus infeksi virus korona sempat nihil, namun masih terjadi kasus baru dalam beberapa hari terakhir.
 
"Mungkin (nanti) bisa kita buka dari yang dewasa dulu (SMA). Lalu kita lihat perkembangannya, membahayakan (atau) tidak," ujarnya.
 
Baca juga:KPAI Laporkan Sederet Masalah PPDB ke Kemendikbud
 
Menurut dia, pembukaan aktivitas sekolah bisa dilakukan bertahap. Setelah SMA, bisa dilanjutkan ke jenjang sekolah di bawahnya. Ia menekankan, proses pembukaan dilakukan pemantauan lebih dulu.
 
Selain itu, ia menekankan, jajarannya agar mengambil langkah dengan matang. Ia tak ingin pengambilan kebijakan tersebut justru berujung pada kemunculan klaster covid-19 baru di sekolah.
 
"Pertimbangan harus kita mulai dengan jujur. Jangan merasa memiliki kewenangan melakukan tapi korban berjatuhan. Saya enggak mau itu terjadi," ungkapnya.
 

(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif