Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah

Hari Pertama Sekolah DKI Tetap Gelar MPLS dan Matsama

Pendidikan sekolah PPDB 2020
Citra Larasati • 11 Juli 2020 21:00
Jakarta: Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Taaruf Siswa Madrasah Tsanawiyah (MATSAMA) bagi peserta didik baru di DKI Jakarta tetap akan digelar. Tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai Senin, 13 Juli 2020.
 
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta,Nahdianamengatakan, ini untuk memastikan peserta didik menjadi bagian dari satuan pendidikan, mengenal satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, peraturan-peraturan, dan program satuan pendidikan.
 
“Kegiatan ini adalah upaya menumbuhkan karakter, semangat belajar, kemampuan literasi, mengembangkan kompetensi sosial peserta didik, dan menumbuhkan semangat kolaborasi antara pihak satuan pendidikan dengan orang tua/wali peserta didik, serta membangun kebanggaan peserta didik terhadap almamaternya,” ujar Nahdiana dalam keterangannya, Sabtu, 11 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk waktu pelaksanaan MPLS dan MATSAMA Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 diadakan selama tiga hari, yaitu pada 13, 14, dan 15 Juli 2020, dengan waktu pelaksanaan yang disesuaikan menurut jenjang pendidikannya. Informasi lengkap pelaksanaan MPLS dan MATSAMA dapat diakses pada portal Siap Belajar Jakarta.
 
Sesuai Kalender Pendidikan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai Senin, 13 Juli 2020. Tahun ajaran baru kali ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
 
Baca juga:Banyak Siswa SMP Masih Terjebak Istilah SMA Favorit
 
Pandemi covid-19 membuat kegiatan belajar dan mengajar di DKI Jakarta dilakukan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang sudah berjalan sejak 16 Maret 2020. Memasuki tahun ajaran 2020/2021 dengan kondisi yang masih pandemi, PJJ akan tetap diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Nomor 467 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan tahun ajaran 2020/2021 dan kesiapan dimulainya kegiatan belajar dan mengajar.
 
“Selama kondisi pandemi, pembelajaran dilakukan melalui Pembelajaran Jarak Jauh dan Blended Learning. Kebijakan mengenai pembelajaran masa transisi menyesuaikan SKB (Surat Keputusan bersama) empat Menteri dan keputusan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19," ujar Nahdiana.
 
Untuk mengoptimalkan pembelajaran pada masa transisi ini, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta meluncurkan portal Siap Belajar yang dapat diakses di laman siapbelajar.jakarta.go.id. Atau bisa juga diakses melalui laman disdik.jakarta.go.id pada menu utama ‘Siap Belajar Jakarta'.
 
Laman tersebut sebagai sumber utama rujukan informasi bagi masyarakat untuk mengetahui kegiatan belajar dan mengajar. Melalui menu utama ini, para guru, orang tua, dan peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran di masa transisi.
 
Dalam menyambut dimulainya tahun ajaran 2020/2021, Disdik Provinsi DKI Jakarta juga berkolaborasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta untuk membuat konten Siap Belajar Jakarta. Adapun sejumlah konten utama pada Siap Belajar Jakarta adalah sebagai berikut:
 
1. Prosedur informasi standar pelaksanaan pembelajaran masa transisi
2. Panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru
3. Panduan orientasi peserta didik lama, guru, dan orang tua
4. Panduan dan materi blended learning bagi guru, orang tua dan peserta didik
5. Asesmen Kesiapan Satuan Pendidikan
 
Pada poin Asesmen Kesiapan Satuan Pendidikan, Sekolah/Madrasah baik negeri maupun swasta wajib mengisi asesmen yang dimaksud untuk memastikan kesiapan kondisi dan lingkungan, walaupun PJJ tetap berlangsung.
 
"Semoga ikhtiar bersama seluruh pemangku kepentingan akan memberikan hasil pendidikan yang terbaik bagi anak walaupuan ditengah situasi pandemi covid-19," tutup Nahdiana.
 

(CEU)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif