Rektor Universitas Negeri Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur, Prof. Fried L Benu. Foto: ANT/Benny Jahang
Rektor Universitas Negeri Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur, Prof. Fried L Benu. Foto: ANT/Benny Jahang

2.012 Mahasiswa Undana Terima Bantuan KIP Kuliah

Pendidikan KIP Kuliah SNMPTN/SBMPTN 2020
Antara • 25 Agustus 2020 15:12
Jakarta: Universitas Negeri Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur mendapat kuota 2.012 orang mahasiswa untuk mendapat bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di 2020.
 
Rektor Undana, Fried L Benu mengatakan, hal itu terkait bantuan pendidikan bagi mahasiswa tidak mampu melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ia mengatakan, pada tahun ini Undana mendapat alokasi kuota 2.012 orang mahasiswa penerima KIP kuliah.
 
Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kata dia, sudah terakomodir sebanyak 480 orang mahasiswa yang dinyatakan lolos sebagai penerima KIP Kuliah di Undana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan 1.532 orang mahasiswa lainnya dialokasikan untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Undana. Menurut dia, penentuan penerima KIP dilakukan berdasarkan data-data yang diinput sendiri para mahasiswa.
 
"Data-data yang diisi para mahasiswa akan diverifikasi pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena proses pengisian formulir dilakukan langsung pada sistem yang disiapkan Kemendikbud. Sehingga potensi masuknya anak-anak dari latar belakang keluarga mampu secara ekonomi bisa saja apabila data yang disampaikan tidak jujur," kata Fried.
 
Baca juga:Pemerintah Siapkan 400 Ribu KIP Kuliah
 
Menurutnya, salah satu upaya dilakukan Undana untuk meminimalkan adanya mahasiswa yang mampu ikut menerima dana KIP adalah dengan membuat surat pernyataan bahwa mahasiswa bersangkutan dari keluarga tidak mampu.
 
"Apabila diketahui mahasiswa bersangkutan berasal dari keluarga mampu maka dana beasiswanya langsung dibatalkan," tegas Freid.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif