Ilustrasi. Pexels.com
Ilustrasi. Pexels.com

Dosen Unair Beberkan Cara Menjaga Keamanan Tanda Tangan Elektronik

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi UNAIR
Citra Larasati • 22 Juni 2021 11:42
Jakarta:  Tanda tangan elektronik atau Digital Signature bukan lagi hal yang asing didengar. Praktik penggunaan tanda tangan elektronik semakin meluas sejak mewabahnya pandemi covid-19.
 
Masyarakat bahkan menganggap digital signature sebagai hal sangat lumrah.  Meski disegani, keamanan informasi tanda tangan elektronik masih banyak dipertanyakan. Lantas, apakah tanda tangan elektronik aman dilakukan?
 
Dosen Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga (UNAIR), Yutika Amelia Effendi mengatakan, kekuatan tanda tangan elektronik sama dengan tanda tangan basah pada dokumen yang biasa dilakukan secara tatap muka. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Yang menjadi masalah adalah ketika ada pihak ketiga yang tidak bertanggungjawab mengubah isi pesan dari private key dan public key,” ujarnya dalam webinar bertajuk “Strengthening Cyber Security Toward Indonesian 5.0 Society” dikutip dari laman UNAIR, Selasa, 21 Juni 2021.
 
Yutika menjelaskan bahwa tanda tangan elektronik adalah teknik matematika yang dipakai untuk memvalidasi keaslian dan integritas pesan, perangkat lunak, maupun dokumen digital dengan dua kunci yang saling bertautan secara sistematis. Yakni private key dan public key.
 
Baca juga:  Dosen UNAIR Bagikan Tips Menulis Karya Ilmiah yang Baik
 
Masing-masing keduanya dipegang oleh pengirim dan penerima pesan.  Tanda tangan elektronik sendiri menggunakan teknik penyandian enkripsi dan deskripsi. Teknik tersebut berguna agar pesan yang dikirimkan benar-benar diterima secara utuh. 
 
“Ini bertujuan untuk memastikan bahwa penerima pesan menerima pesan asli tanpa ada gangguan dari pihak-pihak tidak bertanggungjawab, seperti hacker dan sebagainya,” terang akademisi asal Minang, Sumatra Barat itu.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif