Ilustrasi sekolah. Medcom
Ilustrasi sekolah. Medcom

Pelajar SMP Simak Yuk, Pemanfaatan Konsep Kesebangunan Dua Segitiga dalam Aktivitas Sehari-hari

Renatha Swasty • 01 Agustus 2022 20:43
Jakarta: Yunani merupakan sebuah bangsa yang terkenal dengan tokoh-tokoh pemikir dan juga berbagai penemu ilmu. Salah satu tokoh Yunani yang cukup terkenal yakni Thales.
 
Thales adalah seorang filsuf Yunani yang hidup pada abad ke-6 sebelum masehi (624-546 SM).
Selain seorang filsuf, Thales juga dikenal sebagai ahli geometri.
 
Dia pernah mengatakan dirinya bisa mengukur tinggi piramida menggunakan bantuan tongkat dan juga bayangan dari sinar matahari. Rasanya hal yang cukup sulit bukan untuk mengukur tinggi piramida? Namun, Thales memiliki sebuah trik yang dikenal dengan konsep kesebangunan dua segitiga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara sederhana, dua segitiga bisa dikatakan sebangun apabila sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama dan juga sudut-sudut yang bersesuaian atau seletak sama besar. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
 
Pelajar SMP Simak Yuk, Pemanfaatan Konsep Kesebangunan Dua Segitiga dalam Aktivitas Sehari-hari
 
Tahukah Sobat Medcom bisa menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Contohnya, Sobat Medcom bisa mengukur tinggi tiang bendera tanpa harus mengukurnya langsung ke atas, melainkan bisa memanfaatkan panjang bayangan bendera, tinggi badan seseorang, dan juga panjang bayangan seseorang.

Contoh

Seorang siswi SMP ingin mengetahui tinggi tiang bendera menggunakan konsep kesebangunan dua segitiga. Diketahui tinggi siswi adalah 160 cm dengan panjang bayangan 40 cm. Sedangkan, panjang bayangan tiang bendera diketahui 120 cm. Berapa tinggi tiang bendera?
 
Untuk penyelesaian pengukuran tinggi tiang bendera bisa dilihat pada gambar berikut ini:
 
Pelajar SMP Simak Yuk, Pemanfaatan Konsep Kesebangunan Dua Segitiga dalam Aktivitas Sehari-hari
 
Nah, itulah tadi contoh dari pemanfaatan konsep kesebangunan dua segitiga. Dengan memanfaatkan kesebangunan, Sobat Medcom bisa mengukur benda yang cukup sulit diukur secara langsung. Kira-kira, objek apa lagi ya yang bisa diukur menggunakan konsep kesebangunan dua segitiga? Semoga informasi ini bermanfaat ya.
 
Baca juga: Kenalan Yuk dengan Macam-Macam Alat Pengukuran Panjang
 

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif