Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kenali 9 Kota Pelajar Terbaik di Eropa Versi QS

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 29 Oktober 2020 14:29
Jakarta: Quacquarelli Symonds (QS) telah melakukan pemeringkatan pada sejumlah kampus di berbagai negara. Semakin banyak universitas yang masuk dalam pemeringkatan QS, maka dapat dikatakan jika negara itu memiliki iklim pendidikan yang baik bagi pelajar.
 
Jika menilik negara-negara di Eropa, setidaknya terdapat sembilan kota dari berbagai negara yang memiliki universitas dalam pemeringkatan QS. Bahkan dikutip dari ehef.id di antaranya memilki lebih dari 10 universitas yang masuk dalam pemeringkatan QS.
 
Misalnya di London, United Kingdom. Kota London bisa dikatakan sebagai kota pelajar. Betapa tidak, kota London memiliki 15 universitas yang masuk dalam pemeringkatan QS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Universitas terbaik dari kota yang memiliki populasi sebanyak 9,3 juta orang ini ialah Imperial Collage London. Di kampus-kampus yang masuk QS di London, biaya kuliahnya berkisar Rp313 juta per tahun.
 
Kedua, kota Paris, Prancis. Paris memiliki 12 universitas yang masuk dalam pemeringkatan QS. Kampus terbaik mereka versi QS ialah Universite Paris Sciences and Letters (PSL). Rata-rata biaya kuliah di kota Paris ialah Rp31 juta.
 
Ketiga kota Barcelona, Spanyol. Kota dengan populasi 5,4 juta orang itu memiliki lima kampus yang masuk dalam pemeringkatan QS. Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk kuliah pada kampus dalam pemeringkatan QS di Barcelona berkisar Rp72 juta.
 
Keempat kota Berlin, Jerman yang memiliki tiga kampus dalam QS. Kampus terbaik versi QS di Berlin ialah Humboldt-Universitatzu Berlin. Menariknya, untuk kampus-kampus yang masuk pemeringkatan QS di Berlin, para pelajar tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali.
 
Sama dengan Kota Berlin, kota Edinburg, United Kingdom juga memiliki tiga kampus yang masuk dalam QS. Universitas terbaik di Edinburgh ialah University of Edinburgh. Sedangkan biaya kuliah untuk kampus dengan peringkat QS di kota tersebut berkisar Rp305 juta.
 
Baca juga:Pertama Kali, Unpad Masuk THE World University Rankings by Subject
 
Berikutnya kota keenam, ialah Munich, Jerman. Di kota ini terdapat dua perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan QS, dan menjadi kampus terbaik adalah Technische Univetsitat Munchen. Di kota ini para pelajar juga tidak perlu mengeluarkan biaya kuliah.
 
Kota Zurich, Swiss juga memiliki dua universitas yang masuk dalam pemeringkatan QS. Kampus terbaik di Zurich adalah ETH Zurich. Kampus yang masuk dalam QS di kota dengan populasi 1,8 juta orang ini menyedot biaya kuliah Rp13 juta.
 
Berikutnya adalah kota Vienna, Austria. Vienna memiliki dua kampus terbaik versi QS. University of Vienna menjadi yang terbaik di kota dengan populasi 2,6 juta orang itu. Biaya kuliah di Vienna rata-rata sebesar Rp22 juta.
 
Terakhir, kota ke sembilan ialah Amsterdam, Belanda. Amsterdam juga memiliki dua universitas yang masuk dalam QS, dan University of Amsterdam menjadi yang terbaik di kota tersebut. Biaya kuliah di dua kampus tersebut berkisar Rp205 juta rupiah.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif