Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Pendaftaran PPG Prajabatan Mandiri Diperpanjang

Pendidikan Kebutuhan Guru
Muhammad Syahrul Ramadhan • 15 November 2019 18:13
Jakarta: Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Mandiri 2019 diperpanjang. Perpanjangan waktu ini dilakukan untuk mengakomodir masukan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang ingin melakukan promosi lebih luas, guna menjaring mahasiswa yang berkualitas.
 
Sejatinya pendaftaran PPG Prajabatan Mandiri 2019 ini dibuka pada 1 November sampai 11 November 2019. Namun akhirnya diperpanjang hingga 2 Desember 2019.
 
Direktur Pembelajaran, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kemendikbud, Paristiyanti Nurwardani mengatakan, ini merupakan hasil keputusan konsorsium yang terdiri dari 63 Rektor Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka meminta ke kementerian karena merasa kurang promosi. Mereka ingin sekali mendapatkan perpanjangan waktu. Hasil keputusan tersebut akhirnya kami melakukan perpanjangan waktu," kata Paristiyanti saat dihubungi Medcom.id, Jakarta, Jumat,15 November 2019.
 
Paristiyanti menjelaskan, para rektor mengaku waktu dua minggu promosi dan sosialisasi tidak cukup. Terlebih rektor tidak ingin sembarang merekrut, mereka ingin mendapatkan peserta yang berkualitas.
 
Ia pun menegaskan, perpanjang ini tidak berkaitan dengan masalah teknis. Untuk teknis, Paristiyanti menyebut sudah siap, mulai dari seleksi sampai akhir.
 
Adapun persyaratan yang harus dilengkapi oleh peserta adalah sebagai berikut:
 
1. Lulusan S1/D4 dari program studi terakreditasi minimal B
 
2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3,00
 
3. Usia setinggi-tingginya 34 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember 2019
 
4.Calon peserta terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI)
 
5.Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yang berwenang (dibawa pada saat lapor diri)
 
6. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas (dibawa pada saat lapor diri).
 
7.Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian (dibawa pada saat lapor diri)
 
Paristiyanti menambahkan, program studi S1/D4 pendaftar harus linier dengan bidang studi yang dipilih pada program PPG. Aturan ini sesuai dengan Surat Direktur Pembelajaran, Ditjen Belmawa, Kemenristekdikti Nomor B/1016/B2.2/PB.05/2019 tanggal 24 September 2019 tentang Persetujuan Linieritas Kualifikasi S1/D4 dengan Program Studi PPG dalam Jabatan.
 
Selain itu, pendaftar harus melakukan pendaftaran dan mengunggah (upload) dokumen persyaratan berupa soft copy pada laman https://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id . Selain jadwal pendaftaran jadwal ini juga bisa disimpan ataupun dicatat peserta PPG.
 
Seleksi Administrasi sudah dimulai sejak 2 November hingga 3 Desember 2019. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 4 Desember 2019. Kemudian seleksi Akademik, Bakat, Minat, Kepribadian,dan Panggilan Jiwa dijadwalkan pada 7 - 8 Desember 2019.
 
Sedangkan untuk pengumuman Hasil Seleksi Akademik, Bakat, Minat, Kepribadian, dan Panggilan Jiwa pada 13 Desember 2019. Dilanjutkan dengan registrasi online 14 – 16 Desember 2019. Lapor diri 10 – 11 Januari 2020.
 
Biaya pendaftaran tes PPG Prajabatan Mandiri 2019 ditetapkan sebesar Rp300 ribu dan biaya kuliah Rp8,5 juta per semester.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif