Pendiri Maarif Institute Ahmad Syafii Maarif.  Foto: Mi/Rommy Pujianto
Pendiri Maarif Institute Ahmad Syafii Maarif. Foto: Mi/Rommy Pujianto

Buya Syafii Soal Calon Mendikbud di Periode Kedua Jokowi

Pendidikan kabinet jokowi
Citra Larasati • 10 Oktober 2019 18:57
Jakarta: Sejumlah nama yang digadang-gadang akan masuk ke Kabinet Kerja jilid 2 semakin banyak terdengar jelang pelantikan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, 20 Oktober 2019 mendatang. Tak terkecuali calon menteri yang akan membawahi bidang pendidikan.
 
Pendiri Maarif Institute Ahmad Syafii Maarif atau Buya Safii merupakan salah satu tokoh yang ikut memberikan pendapatnya tentang sosok menteri pendidikan yang cocok untuk membantu Jokowi di periode kedua. Menurutnya calon menteri pendidikan dari kalangan Muhammadiyah masih menjadi pilihan yang menjanjikan di kabinet mendatang.
 
"Ya mudah-mudahan adalah yang dipertimbangkan oleh Presiden," kata Buya Syafii kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Buya Syafii, Muhammadiyah tak perlu lagi diragukan perannya di dunia pendidikan, bahkan sejak zaman sebelum kemerdekaan. Ia bahkan mengatakan, jika Mendikbud, Muhadjir Effendy merupakan salah satu tokoh Muhammadiyah yang layak untuk dipertimbangkan menjadi menteri kembali.
 
"Itu yang memutuskan presiden, tapi ya mudah-mudahan lah, karena Muhammadiyah bergumul di pendidikan lebih dari satu abad. Patut dipertimbangkanlah orang Muhammadiyah," terangnya.
 
Tidak hanya di bidang pendidikan, Buya juga mengatakan jika sosok-sosok dari Muhammadiyah juga memiliki kompetensi untuk ditempatkan di bidang-bidang sosial dan kesehatan.
 
Sebelumnya, kinerja menteri kabinet jilid I diharap jadi pembelajaran Presiden Joko Widodo dalam memilih pembantunya di periode baru. Menteri yang terpilih diharapkan bekerja sesuai arahan Jokowi.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif