Rektor UNS, Jamal Wiwoho. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.
Rektor UNS, Jamal Wiwoho. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Rektor UNS: Cetak Biru Harus Didesain Jangka Panjang

Pendidikan Pendidikan Tinggi Cetak Biru Pendidikan
Intan Yunelia • 26 Desember 2019 16:46
Jakarta: Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jamal Wiwoho menekankan cetak biru (blue print) pendidikan yang sedang dirancang agar tidak bersifat jangka pendek. Namun, cetak biru pendidikan dirancang untuk tata kelola jangka panjang.
 
"Memang pendidikan itu harus bisa menjawab tantangan zaman 10, 15, 20, 25 tahun yang akan datang, karena itu sistem pendidikan kurikulumnya harus segera dan cepat disesuaikan dengan irama perkembangan zaman," kata Jamal saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 26 Desember 2019.
 
Untuk pendidikan tinggi khususnya, kurikulum perlu penyesuaian seiring dengan perkembangan zaman. Dengan era revolusi 4.0, sistem pembelajaran pun berovolusi semisal dengan cara pembelajaran daring (online learning) dan pembelajaran campuran (blended learning).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun tetap saja substansi mata kuliahnya perlu diperbaharui sesuai dengan kebutuhan zaman," ujar Jamal.
 
Menurutnya, kurikulum tak hanya untuk diciptakan dalam jangka waktu pendek. Karena itu butuh seseorang yang betul-betul mengetahui mengenai kurikulum secara keseluruhan.
 
"Maka diperlukan ahli-ahli pendidik yang mengetahui betul soal filosofi kurikulum itu. Karena memang agak berbeda universitas dengan vokasi itu," terangnya.
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan, pihaknya tengah menyusun cetak biru (blue print) pendidikan. Naskahnya ditargetkan selesai dalam enam bulan ke depan.
 
"Blue print sedang dibuat dan enggak bisa tergesa-tergesa, harus dikemas dalam suatu strategi. Harapannya dalam waktu enam bulan ini bisa selesai," kata Nadiem di acara ' Taklimat Media' di Gedung A Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin, 23 Desember 2019.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif