IGI Ingatkan Guru Honorer untuk Melengkapi Sertifikat Profesi

Intan Yunelia 05 Desember 2018 13:47 WIB
Guru Honorer
IGI Ingatkan Guru Honorer untuk Melengkapi Sertifikat Profesi
Seorang guru tengah membimbing siswa berkebutuhan khusus, ANT/Zabur Karuru.
Jakarta: Ikatan Guru Indonesia (IGI) memberi masukan kepada guru honorer yang akan mengikuti seleksi guru Pegawai Pemerintah dan Perjanjian Kerja (PPPK), agar segera memiliki sertifikat profesi. Sebab, sertifikat profesi menjadi salah satu syarat mengikuti seleksi PPPK.

“Berdasarkan pasal 16 ayat f, bapak dan ibu bisa mengikuti seleksi menjadi PPPK jika memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian yang masih berlaku artinya buat guru harus lulus Pendidikan Profesi Guru (PPG/PLPG) dan mendapat sertifikat pendidik,” kata Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim dalam keterangan tertulisnya, Rabu 5 Desember 2018.


Dari penelusuran data sementara IGI, guru honorer dari sekolah negeri masuk dalam kategori minim memiliki sertifikat profesi. Bahkan saat lebih banyak guru nonPNS yang memiliki sertifikat profesi pendidik.

“Ternyata amat sangat sedikit jumlahnya guru K2 atau Nonkategori yang telah memiliki sertifikat pendidik. Saat ini justru di sekolah swasta yang banyak guru nonPNS yang memiliki sertifikat pendidik,” jelas Ramli.

Baca: Mendikbud: Masukan Guru Honorer akan Diperhatikan

Selain itu, dalam PP Nomor 49 ini, ada beberapa hal yang ditawarkan. Batasan umur guru honorer yang mendaftar seleksi PPPK ini berbeda dengan seleksi CPNS. 

“Jika CPNS dibatasi maksimal 35 tahun maka untuk P3K diberikan batasan usia 1 tahun sebelum pensiun,” papar Ramli.

Keuntungan yang lainnya, guru PPPK ini akan mendapatkan gaji dan tunjangan setara dengan guru PNS. Begitupun jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan bantuan hukum.

"Kita tunggu saja, apakah benar PP 49 tahun 2018 ini akan menjadi kado indah di Hari Guru Nasional?" tutup Ramli.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id