Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahilah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahilah

LTMPT: Peserta UTBK-SBMPTN Harus Isolasi Mandiri Mulai Sekarang

Pendidikan UTBK SNMPTN/SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 24 Juni 2020 15:04
Jakarta: Sejumlah syarat disodorkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kepada peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020. Peserta diminta memperhatikan beberapa ketentuan agar bisa masuk ke dalam pusat UTBK-SBMPTN.
 
"Dikhawatirkan nanti ada peserta yang tidak sehat. Maka dari sekarang kami anjurkan untuk melakukan isolasi mandiri dulu selama 14 hari," kata Ketua Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, Rabu, 24 Juni 2020.
 
Baca juga:UTBK-SBMPTN Dua Gelombang, Ini Jadwal Lengkapnya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini diberlakukan guna menghindari adanya peserta yang sakit saat datang ke pusat UTBK-SBMPTN 2020. Selain itu nantinya ketika akan masuk ke kampus, peserta juga akan kembali dicek suhu tubuhnya.
 
"Peserta harus datang dalam kondisi yang sehat, yang berarti suhu tubuh tidak melebihi 38 derajat celcius, jika melebihi tidak bisa ikut ujian," ujar Nasih.
 
Peserta juga diminta memastikan dirinya hadir dalam kondisi bersih. Peserta diminta mandi, menggunakan baju yang baru dicuci dan diseterika serta menjaga kebersihan tangan.
 
Nasih juga meminta peserta tidak mampir ke suatu tempat sebelum tiba di pusat UTBK-SBMPTN. Hal ini guna meminimalisasi kontak dengan orang lain di luar rumah.
 
Jika peserta diantar, pusat UTBK-SBMPTN telah menyediakan drop zone untuk peserta. Peserta langsung diperiksa suhu tubuhnya dan diminta langsung masuk ke ruang tunggu.
 
"Artinya dengan adanya pemeriksaan ini peserta harus datang lebih awal. Pengantar juga harus meninggalkan kampus. Selanjutnya, peserta yang di ruang tunggu tidak boleh berinteraksi, nanti akan ada yang mengawasi itu," lanjut Nasih.
 
Baca juga:Peserta UTBK-SBMPTN 2020 Wajib Gunakan Pelindung Wajah
 
Nasih juga menambahkan jika peserta juga harus membekali diri dengan alat perlengkapan kesehatan. Selain masker, peserta juga harus menggunakan face shield atau pelindung wajah.
 
"Peserta wajib pakai masker dan faceshield serta sarung tangan. Panitia memang menyediakan face shield cuma itu cadangan. Maka kami harapkan peserta membawa masing-masing," ujarnya.
 
Sisanya, peserta tinggal menyediakan dokumen-dokumen yang diperlukan saat UTBK-SBMPTN. "Kalau perlu dokumen dan yang dibutuhkan saat ujian itu juga disemprot-semprot (disinfektan) dulu," pungkas Nasih.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif