NEWSTICKER
Kampus UKDW. Foto: UKDW/Humas
Kampus UKDW. Foto: UKDW/Humas

Kuliah Hingga Ujian Bakal DIgelar Online

Mahasiswa UKDW Tak Perlu ke Kampus Mulai Hari Ini

Pendidikan Virus Korona beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 16 Maret 2020 07:07
Yogyakarta: Rektor UKDW Yogyakarta, Henry Feriadi menginstruksikan bahwa terhitung sejak Senin, 16 Maret 2020 hingga Sabtu, 11 April 2020, semua Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) termasuk pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS), wajib dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh (secara online). Mahasiswa diminta untuk tidak perlu datang ke kampus.
 
"Pimpinan fakultas dan program studi (prodi) akan mengatur lebih lanjut pelaksanaan proses KBM dan UTS yang dilakukan secara online. Khusus bagi Fakultas Kedokteran, pelaksanaan KBM akan diatur tersendiri oleh dekan," ungkap Henry.
 
Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta kembali menerbitkan surat edaran dengan Nomor 005/C.12/UKDW/2020 tentang Kebijakan Tindak Lanjut Pencegahan Wabah COVID-19 di UKDW. Surat edaran lanjutan tersebut diterbitkan, sehubungan dengan ditetapkannya kasus virus korona atau coronavirus disease (covid-19) di Kota Solo sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) dan merujuk pada surat edaran Menteri Kesehatan serta Menteri Pendidikan Kebudayaan terkait Pencegahan Virus Korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu Rektor mewajibkan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa UKDW untuk tidak datang ke kampus, serta melakukan istirahat di rumah (self-isolation) apabila mengalami sakit atau gejala flu seperti demam, batuk, dan pilek. "Kami akan memberlakukan diskresi terhadap Peraturan Kepegawaian dalam presensi kehadiran kerja, dan Peraturan Akademik dalam hal kehadiran kuliah," tambahnya.
 
Baca juga:Dampak Korona, Kuliah Online Diberlakukan di 63 Kampus
 
Rektor juga meminta seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa UKDW untuk membatalkan atau menunda penyelenggaraan berbagai kegiatan (event) akademik maupun nonakademik yang menghadirkan banyak orang. Serta melarang sivitas akademika UKDW untuk melakukan perjalanan ke luar kota dan luar negeri, kecuali untuk hal-hal yang penting dan mendesak.
 
Kegiatan Belajar Mengajar yang diselenggarakan dalam bentuk Kuliah Praktik (KP) atau magang yang berlangsung di berbagai institusi akan dihentikan atau dijadwal ulang. Namun jadwal tersebut akan diganti dengan metode pembelajaran lain.
 
"Dalam hal ini KP atau magang yang tidak dapat dapat dijadwal ulang atau diganti dengan metode lain, maka penyelenggaraannya di lapangan harus disertai dengan tingkat kewaspadaan dan pencegahan penularan infeksi covid-19 yang sebaik mungkin," kata Rektor.
 
Selain hal-hal di atas, Kampus UKDW tetap menjalankan aktivitas seperti biasa dengan selalu mengedepankan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan kerja dan belajar. Kebijakan ini diambil sebagai bentuk wujud komitmen UKDW untuk melindungi keselamatan dan kesehatan sivitas akademika, serta ikut berperan dalam usaha mengendalikan penyebaran infeksi covid-19.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif