Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kemendikbud Ingin Program Fiber Optik Nasional Kembali Digulirkan

Pendidikan Kebijakan pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 14 Mei 2020 19:50
Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam menyebut program Jaringan Fiber Optik Nasional bisa menjadi jawaban permasalahan kendala pembelajaran jarak jauh. Ia menilai program yang sempat diusung pada 2008 lalu bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) perlu kembali diwujudkan.
 
"Sebagai backbone nasional yang menghubungkan seluruh perguruan tinggi, kalau itu ada tidak ada isu tentang pulsa, tidak ada lagi isu bandwith kita kecil, ini perlu kita gulirkan lagi," kata Nizam dalam diskusi daring, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Nizam menjelaskan, dalam program tersebut juga berbicara mengenai satelit pendidikan. Satelit ini mempunyai peran penting untuk menjangkau daerah yang sulit mendapat jaringan internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menjangkau yang di ujung gunung, lembah, pulau-pulau kecil. (Program) ini perlu kita angkat kembali," jelasnya.
 
Baca:Legislator Minta Sisihkan Anggaran untuk Infrastruktur Belajar Daring
 
Menurut Nizam, bila program ini terwujud, sektor pendidikan akan bergerak maju. Ia juga meyakini sektor ekonomi juga ikut tumbuh.
 
"Bukan hanya menggerakan pendidikan, tapi juga membangun ekonomi pembangunan, di desa-desa tertinggal bisa tersentuh pendidikan tinggi,” ungkapnya.
 
Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf menyampaikan dalam revisi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 akan mengatur soal pembangunan infrastruktur penunjang belajar daring. Regulasi disebut bakal mengharuskan pemerintah membangun infrastruktur penunjang pembelajaran jarak jauh.
 
"Kalau dulu ratusan miliar habis jadi gedung-gedung kampus, bangku, itu bahkan sampai triliunan. Ke depan kami minta sebagian untuk infrastruktur penunjang sistem pembelajaran jarak jauh," kata Dede.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif