Kampus IPB. Foto: IPB/Humas
Kampus IPB. Foto: IPB/Humas

Tak Setuju Perpeloncoan, Begini Agenda Ospek Daring ala IPB

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru
Citra Larasati • 18 September 2020 20:20
Jakarta: Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria menolak adanya praktik perpeloncoan dalam masa pengenalan lingkungan kampus untuk mahasiswa barunya atau biasa disebut dengan 'ospek'. Baginya masa pengenalan kampus haruslah menyenangkan dan memiliki nilai tambah bagi mahasiswa baru.
 
Layaknya menyambut kehadiran anggota keluarga baru, kata Arif, kakak-kakak tingkat sebagai panitia kegiatan harus mengulurkan tangan, menyambut dengan senyum dan keramahan serta menuntun adik-adik kelasnya untuk mengenal kampus yang sudah lama diidamkan para mahasiswa baru ini.
 
“Filosofi seperti itulah yang mendasari panitia Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB University saat merancang dan melaksanakan kegiatan yang menjadi agenda awal mahasiswa baru di semua kampus di Indonesia, termasuk di IPB," tegas Arif, Jumat, 18 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terlebih dalam kondisi pandemi covid-19 ini, para kakak kelas ini dituntut berpikir keras dan berkreativitas agar mahasiswa baru ini benar-benar bisa merasakan nuansa kehidupan kampus IPB yang dirindukan,“ ungkap Arif.
 
Baca juga:Kemendikbud Bakal Terbitkan Panduan Ospek Daring
 
Secara keseluruhan, kegiatan MPKMB IPB digelar sejak 5 Agustus hingga 5 September 2020. Serangkaian kegiatan MPKMB IPB University disajikan dengan kemasan menarik dan menyenangkan serta mampu memberikan banyak nilai tambah bagi mahasiswa baru.
 
MPKMB 4.0, begitu panitia memberikan nama, diwarnai dengan ragam kegiatan yang semuanya dilaksanakan secara daring dengan menggunakan berbagai macam platform media sosial dan pembelajaran.
 
Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, Alim Setiawan menjelaskan, MPKMB IPB diisi dengan sejumlah kegiatan. Di antaranya talent Mapping, yakni kegiatan pemetaan minat dan bakat mahasiswa yang dilaksanakan secara bertahap pada bulan Agustus dan September 2020.
 
Talent mapping tujuannya untuk memetakan dan melihat minat dan potensi pengembangan diri bagi mahasiswa baru. “Hal ini bertujuan agar sejak awal institusi IPB University sudah memiliki basis data profil seluruh mahasiswa baru. Salah satunya adalah tipe pembelajaran, minat dan bakat sehingga dapat digunakan dalam mempersiapkan program-program pengembangan diri yang sesuai untuk mahasiswa tersebut, “ jelas Alim.
 
Baca juga;Komisi X Bakal Panggil Kampus yang Ospeknya Bermasalah
 
Informasi dari hasil Talent Mapping juga menjadi dasar untuk menentukan dosen pembimbing (dosen penggerak) yang membantu mahasiswa merancang portofolio dan “learning journey”. Hal ini dilakukan sejak semester satu sampai kelulusan dalam rangka implementasi Kurikulum IPB 2020-Merdeka Belajar.
 
Kemudian disusul kegiatan Pelatihan '7 Habits for Highly Effective Students'. “Setelah Talent Mapping, mahasiswa dibekali pelatihan The 7 Habits for Highly Effective Students dalam pengembangan karakter dan kebiasaan positif untuk mempersiapkan diri dalam memasuki transisi dari siswa SMA menjadi mahasiswa,” ujar Alim.
 
Ketiga, Kuliah Umum Bela Negara. Pendidikan Bela Negara bagi mahasiswa baru dimulai dengan pemberian kuliah umum oleh Rektor Universitas Pertahanan Laksamana Madya TNI Dr Amarulla Octavian dengan mengusung tema “Bela Negara di Masa Pandemi: Ikut Serta Mengatasi Pandemi Dimulai dari Diri Sendiri dan Lingkungan Sekitar”.
 
“IPB University juga sudah mempersiapkan materi pembelajaran daring tentang Bela Negara dan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa. Materi ini disiapkan oleh dosen-dosen dan tenaga kependidikan yang sudah bersertifikat instruktur dan fasilitator yang didapat dari pelatihan oleh Kementerian Pertahanan,“ tuturnya.
 
Keempat, Pesona Inovasi MPKMB 4.0. mengatakan, melalui berbagai platform seperti YouTube, Twitter, Instagram, hingga website, MPKMB IPB mengajak mahasiswa baru mengenal dan mengetahui pesona yang dimiliki oleh kampus.
 
Untuk mendukung upaya tersebut, panitia MPKMB membuat konten yang inspiratif dan inovatif stunning IPB. Stunning IPB merupakan ragam pesona IPB University yang dikemas dalam bentuk video yang bisa diakses di kanal YouTube Multimedia MPKMB IPB.
 
Inovasi lainnya, lanjut Alim, adalah pengenalan kampus melalui game interaktif yang dibuat oleh mahasiswa IPB sendiri. Game Agriventure merupakan aplikasi game yang menggunakan konsep bermain sambil belajar secara online.
 
Game Agriventure berkolaborasi dengan Webtoon MPKMB IPB University yang bertujuan untuk mengenalkan tempat-tempat ikonik yang ada di kampus IPB kepada para mahasiswa baru.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif