Sekjen Kemendikbud Ainun Naim. Foto: Tangkapan layar Yotutube Komisi X DPR.
Sekjen Kemendikbud Ainun Naim. Foto: Tangkapan layar Yotutube Komisi X DPR.

Per 14 November, Realisasi Anggaran Kemendikbud Baru 62,21%

Pendidikan Kebijakan pendidikan Anggaran Pendidikan Program Pendidikan
Arga sumantri • 16 November 2020 11:41
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan rapat kerja bersama Komisi X DPR. Salah satu yang dibahas yakni tentang realisasi atau daya serap anggaran di Kemendikbud Tahun Anggaran 2020.
 
Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na'im menyampaikan realisasi anggaran Kemendikbud hingga 14 November 2020 telah mencapai 62,21 persen.
 
"Dan nantinya di akhir Desember ditargetkan realisasi anggaran kita mencapai 97 persen lebih," kata Ainun dalam raker bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 16 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ainun menambahkan, pada November dan Desember ini akan banyak realisasi anggaran. Antara lain, untuk program subsidi kuota sebesar Rp3,7 triliun dan bantuan subsidi upah pendidik dan tenaga kependidikan sebesar Rp3,6 triliun.
 
Baca:Jalur Cepat Dibuka, Masuk SMK Lulus Kantongi Ijazah D2
 
Rencana realisasi anggaran dalam dua bulan ke depan juga meliputi Program Indonesia Pintar (PIP) sebesar Rp2 triliun, dan pengeluaran lain yang dilakukan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIkti).
 
"Sehingga, kita targetkan pada akhir tahun realisasi anggaran kita mencapai 97,2 persen," ujarnya.
 
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda memaparkan, pagu definitif APBN 2020 Kemendikbud mengalami perubahan dan penyesuaian. Semula, pagu definitif Kemendikbud tahun anggaran 2020 sebanyak Rp75,7 triliun. Terjadi penyesuaian sebesar sekitar Rp4,9 triliun menjadi menjadi Rp70,7 triliun.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif