ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Viral Siswi Non-Muslim Diwajibkan Berjilbab, Gubernur Sumbar Beri Pernyataan Tegas

Pendidikan semen padang sumatera barat toleransi beragama Kebijakan pendidikan SMK
Patrick Pinaria • 25 Januari 2021 22:18
Padang: Dugaan tindakan intoleransi terjadi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang. Itu bisa terjadi setelah pihak sekolah diketahui mengeluarkan aturan wajib jilbab untuk siswi non-muslim.
 
Polemik tersebut lantas menjadi perhatian Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Ia menilai aturan wajib jilbab untuk non-muslim di SMKN 2 Padang itu adalah tindakan salah. Menurutnya, SMKN 2 Padang sudah menyalahi aturan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014.
 
"Jadi, siswa-siswa di sekolah negeri SD, SMP, SMA, boleh memilih berpakaian muslimah, berjilbab juga boleh. Kalau tidak memakai pun boleh juga. Itu sudah ada ada opsinya di Permendikbud tahun 2014," ujar Irwan dalam tayangan program Metro TV, Metro Hari Ini, Senin (25/1/2021).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang menjadi masalah di SMKN 2 diduga ada pemaksaan. Nah itu yang salah," lanjutnya.
 
Lebih lanjut, Irwan memastikan pihaknya akan menginvestigasi kasus tersebut. Jika memang tindakan intoleransi di SMKN 2 Padang terbukti benar, ia tak akan segan memberikan sanksi tegas kepada pihak sekolah.
 
"Jika itu terjadi di SMKN 2 Padang, kami akan investigasi. Kami akan mengecek siapa dan bagaimana ceritanya. Kami akan bertindak tegas kepada pelanggar aturan," tutur Irwan.
 
Kasus siswi yang diwajibkan memakai jilbab sempat viral di media sosial. Dalam tayangan video, orang tua murid siswi tersebut tampak beradu argumen dengan pihak sekolah.
 
Ayah siswi tersebut menjelaskan jika keluarganya adalah non-muslim. Dia pun mempertanyakan alasan aturan itu yang diwajibkan kepada anaknya.
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif