Ketua Komisi X DPR Djoko Udjianto (Foto:Dok.Dpr.go.id)
Ketua Komisi X DPR Djoko Udjianto (Foto:Dok.Dpr.go.id)

Komisi X Pantau Proses PPDB 2019

Pendidikan berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 01 Juli 2019 18:42
Surabaya: Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kota Surabaya, Kabupaten Kendal, dan Purworejo, Jawa Timur. Mitra kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu mengawasi secara langsung proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.
 
Ketua Komisi X DPR Djoko Udjianto mengatakan, pihaknya ingin mendapatkan data empiris mengenai permasalahan dalam pelaksanaan PPDB Tahun 2019. Mengingat impelentasi sistem PPDB sejak 2017 selalu menuai kritik.
 
"Meskipun kebijakan PPDB bertujuan untuk menjamin PPDB nondiskriminatif, objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan, pada kenyataannya implementasi kebijakan PPDB selama tiga tahun terakhir selalu menimbulkan masalah," kata Djoko, dikutip Dpr.go.id, Senin, 1 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Kabupaten Purworejo, politikus Demokrat itu mengemukakan ada beberapa masalah yang ditemukan Komisi X DPR. Masalah tersebut yakni ketimpangan sarana dan prasarana pendidikan, tenaga pendidik yang belum sesuai standardisasi, dan minimnya penerimaan melalui jalur prestasi.
 
"Selain itu, ada pula kendala dari sekolah yang tidak difavoritkan yang minim pendaftar, sedangkan sekolah yang difavoritkan kebanjiran pendaftar," katanya.
 
Legislator asal daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah III itu pun menyebutkan, berbagai permasalahan yang ditemukan akan menjadi bahan evaluasi bagi Komisi X DPR. Diharapkan, proses PPDB tidak akan lagi menyulitkan masyarakat dalam memeroleh akses pendidikan.
 
"Tentunya, ini semua menjadi masukan bagi kami dan akan kami rapatkan bersama dengan rekan-rekan yang melakukan kunjungan kerja ke Surabaya dan Kendal, agar sama-sama memberikan saran terhadap Kemendikbud, dengan harapan agar ke depannya PPDB bisa berjalan dengan baik dan tidak merepotkan pihak terkait," ujar dia.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif