Menristekdikti, Mohamad Nasir, Kemenristekdikti/Ageng Prasetyo.
Menristekdikti, Mohamad Nasir, Kemenristekdikti/Ageng Prasetyo.

PTNBH Didorong Tingkatkan Ranking Dunia

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 25 Juni 2019 15:36
Jakarta: Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengapresiasi PTNBH yang sudah masuk ke 400 besar dunia menurut Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2020. Terutama Universitas Gadjah Mada (UGM) yang selama lima tahun terakhir melompati 200 lebih perguruan tinggi dari negara lain.
 
Nasir menyebutkan, peringkat Universitas Indonesia turun dari 292 menjadi 296, namun masih dalam angka peringkat terbaik di dunia di level 300-an. Menurut Nasir yang cukup mengejutkan adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengalami lompatan signifikan dalam kurun waktu lima tahun terakhir.
 
"Pada saat saya awal menjadi Menristekdikti, UGM berada di peringkat 551, kemudian meningkat di 501. Tahun lalu (2018) di angka 391 dan sekarang di angka 320 (2019). Selamat pada Universitas Gadjah Mada (UGM) yang lompatannya dalam masa saya memimpin ini mencapai 200 tingkat, lebih maju," ungkap Nasir dalam siaran persnya, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nasir juga mengapresiasi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang setiap tahun mengalami peningkatan peringkat dunia.
 
Baca:Peringkat IPB di QS World University Naik 100 Tingkat
 
"ITB pada saat itu di 350-an, meningkat di 340. Sekarang sudah meningkat di angka 331. Ini mengalami kenaikan cukup baik juga. Demikian pula IPB yang tadinya di peringkat angka 700-an, alhamdulillah sekarang di angka peringkat dunia 500 sampai 600. Semua ini adalah kerja yang baik dari semua PT di Indonesia. Mudah-mudahan ke depan, semakin baik lagi," papar Menristekdikti.
 
Nasir berharap perguruan tinggi lain di Indonesia turut masuk ke peringkat 500 besar di dunia dengan cara memfokuskan diri pada penelitian, inovasi, dan program kerja sama. "Risetnya meningkat, inovasinya meningkat, kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri semakin meningkat, lulusan semakin mengarah ke global. Inilah yang menjadikan ranking perguruan tinggi di level Internasional) lebih baik. Oleh karena itu, PT yang lainnya dalam harapan saya, bisa menuju ke tingkat kompetisi global juga," harap Nasir.
 
Baca:UNS 10 Besar PTN Terbaik Versi QS AUR
 
Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Dwia Aries Tina Pulubuhu. Rektor Unhas berharap sidang kali ini dapat mendesain program strategis dalam upaya menghilirisasikan penemuan-penemuan dari PTNBH.
 
"Kami merasa bangga dan merasa senang menjadi tuan rumah dari Sidang Paripurna Majelis Senat Akademik seluruh PTNBH. Tentu kesenangan dan kebanggaan ini diikuti dengan harapan tinggi, pada pertemuan ini akan menghasilkan pemikiran yang baru, yang lebih strategik sesuai tema, bagaimana bisa menghilirisasikan produk-produk dan inovasi dari perguruan tinggi," ungkap Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Dwia Aries Tina Pulubuhu.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif