Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (tengah) dan Rektor UNS, Jamal Wiwoho (kanan) di UNS.  Foti/Dok. UNS.
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (tengah) dan Rektor UNS, Jamal Wiwoho (kanan) di UNS. Foti/Dok. UNS.

Khofifah Serukan Nilai Toleransi ke Mahasiswa Baru UNS

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 15 Agustus 2019 11:42
Jakarta: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta 2019/2020 pada hari Rabu, 14 Agustus 2019. Dalam paparannya, Khofifah mengajak mahasiswa baru untuk memupuk sikap toleransi.
 
Kuliah umum ini menyasar generasi Z yang lahir direntang tahun 1995 hingga 2010. Menurutnya, generasi Z ini memiliki tipologi yang berbeda dibanding generasi Alfa yang lahir setelah tahun 2011 dan dengan generasi sebelumnya yaitu generasi old dan now.
 
"Kita lihat generasi old yaitu Bung Karno di usianya yang ke-29 tahun sudah berani mendirikan partai. Kemudian Bung Hatta di usianya yang ke-24 tahun juga berani mendirikan pergerakan perhimpunan Indonesia. Yang ingin saya sampaikan kepada generasi Z yang hari ini usia tertinggi mereka 24 tahun, yaitu banyak sekali tokoh-tokoh generasi old yang mengukir sejarah kebangsaan Indonesia," ujar Khofifah di siaran pers yang diterima Medcom.id, Kamis, 15 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Menteri Sosial itu menjelaskan generasi now sangat berkontribusi terhadap teknologi informasi. Seperti CEO Bukalapak, CEO Ruang guru yang mengambil peluang bisnis e-commerce.
 
Baca:Arcandra Puji Daya Kritis Mahasiswa Baru UNS
 
Intelektual dan melek teknologi saja tidak cukup. Para mahasiswa perlu menanamkan nilai-nilai toleransi. Karena dari survei UIN Syarif Hidayatullah di 34 provinsi mengatakan, generasi Z ini memiliki sikap yang cenderung intoleransi.
 
Ia mengingatkan, sebelum menyanyikan lagu kebangsaan berjudul Tanah Airku agar diresapi kembali arti bangsa Indonesia. "Dengan lagu ini supaya generasi Z ini paham dan tahu bahwa yang kita makan ini dari hasil bumi Indonesia, serta kita hidup di Indonesia," terangnya.
 
Di waktu yang sama, Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan, materi kuliah umum yang disampaikan oleh Gubernur Jatim tersebut sangat menginspirasi, terutama bagi mahasiswa baru. "Jadi mari kita dorong untuk meningkatkan sikap toleransinya, kita dorong untuk mencintai Tanah Air serta kita dorong berbakti untuk negeri ini," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif