Ilustrasi PTM Terbatas. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Ilustrasi PTM Terbatas. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

DKI Jakarta PPKM Level 2, Ini Aturan Pembelajaran Tatap Muka

Muhammad Syahrul Ramadhan • 08 Maret 2022 14:39
Jakarta: Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta turun ke level 2. Penurunan status ini berefek pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
 
Dalam Inmendagri Nomor 15 Tahun 2022 disebutkan bahwa Pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri. Pelaksanaan pembelajaran untuk wilayah PPKM Level 2 berdasarkan SKB empat Menteri itu dapat dilaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas 100 persen.
 
Namun, pada 2 Februari 2022 Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadime Makarim mengeluarkan Surat Edaran (SE) soal Diskresi Pelaksanaan SKB empat menteri. Satuan Pendidikan di wilayah PPKM Level 2 dapat melaksanakan PTM 50 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta didik 50% (lima puluh persen) dari kapasitas ruang kelas pada satuan pendidikan yang berada di daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 (dua)," tulis salinan SE seperti dikutip Medcom.id, Selasa, 8 Maret 2022.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang saat itu melakasanakan PTM 100 persen langsung megubah kebijakannya, dengan menggelar PTM 50 persen mulai 4 Februari 2022.
 
PTM 50 persen juga tetap diterapkan saat DKI Jakarta naik statu menjadi PPKM Level 3. Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 133 Tahun 2022 tentang PPKM Level Tiga.

Kapan DKI Jakarta PTM 100 persen?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan selama PPKM level 2, PTM boleh digelar 100 persen. Namun, pelaksanaan PTM 100 persen tersebut masih menunggu kebijakan pemerintah.
 
"Terkait PTM sekalipun di level 3 kita melaksanakan 50 persen dan ketentuan kalau dilihat di level 2 bisa jadi 100 persen terbatas. Namun, kami masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat dalam hal ini dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset dan Teknolog," ujar Ariza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin, 7 Maret 2022.
 
Dia meminta masyarakat bersabar menunggu keputusan resmi mengenai penerapan kembali PTM 100 persen di masa PPKM level 2.
 
"Ini kan baru diumumkan untuk tujuh hari ke depan sampai 14 Maret PPKM level 2. Jadi bersabar sebentar mudah-mudahan dalam beberapa hari kita sampaikan," ujar dia.
 
 
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif