Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) sekaligus praktisi pendidikan Itje Chodidjah. Branda Antara
Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) sekaligus praktisi pendidikan Itje Chodidjah. Branda Antara

Presidensi G20 Indonesia Diharapkan Dorong Gotong Royong Majukan Pendidikan

Pendidikan pendidikan G20 Presidensi G20
Antara • 03 Mei 2022 21:24
Jakarta: Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) sekaligus praktisi pendidikan Itje Chodidjah berharap Presidensi G20 Indonesia dapat mendorong gotong royong memajukan dunia pendidikan. Khususnya di antara negara-negara anggota kelompok 20 ekonomi terbesar (G20).
 
"Konsep gotong royong ini perlu terus digaungkan dalam acara-acara G20 terutama bidang pendidikan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mempunyai filosofi gotong royong yang membantu kita untuk recover better dan stronger (pulih lebih baik dan lebih kuat) pada saat setelah pandemi ini," ujar Itje dikutip dari Antara, Selasa, 3 Mei 2022.
 
Itje menuturkan gotong royong berbeda dengan kolaborasi. Gotong royong ialah melakukan dengan tulus untuk saling membantu dan mengisi, bahkan dalam dunia pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan negara-negara anggota G20 dapat berbagi praktik-praktik terbaik di negara-negara masing-masing. Kemudian, bisa dimodifikasi di negara-negara yang membutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
 
"Banyak yang bisa dipelajari bukan hanya dari negara maju dipelajari oleh negara yang kurang maju, tetapi juga dari negara yang kurang maju bisa dipelajari oleh negara-negara maju bagaimana berperilaku gotong royong," tutur dia.
 
Itje mengatakan dengan semangat gotong royong, pemulihan bersama menjadi lebih kuat sesuai dengan tema Presidensi G20 Indonesia pada 2022 yaitu Recover Together, Recover Stronger bisa terwujud. Sehingga, tidak ada negara yang tertinggal.
 
Dia menuturkan negara-negara anggota G20 bisa saling bahu-membahu mendukung satu sama lain untuk maju bersama di dunia pendidikan.
 
Baca: Kemendikbudristek Harap G20 Lahirkan Global Fund untuk Pelaku Budaya
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif