Universitas Padjadjaran (Unpad). Dok Humas Unpad.
Universitas Padjadjaran (Unpad). Dok Humas Unpad.

Ujian Daring Masuk Unpad Jalur Mandiri Digelar 26 Juni

Pendidikan Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 24 Juni 2021 17:26
Bandung: Sebanyak 40.535 orang terdaftar sebagai peserta Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) 2021 program Sarjana (S1) Jalur Mandiri. Sebanyak 26 ribu di antaranya merupakan peserta dengan seleksi melalui ujian daring. 
 
Selebihnya, merupakan peserta yang memilih seleksi dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN). Jumlah peserta ini mengalami peningkatan dibanding pelaksanaan tahun lalu yang mencapai 35 ribuan sehingga seleksinya memang semakin ketat. 
 
"Kami harapkan kualitas calon mahasiswanya juga semakin meningkat,” ujar Ketua Panitia SMUP 2021 Anas, mengutip siaran pers Unpad, Kamis, 24 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Program Sarjana (S1) Jalur Mandiri memiliki dua skema seleksi, yaitu seleksi menggunakan nilai UTBK dan seleksi melalui ujian daring dari rumah masing-masing. Peserta SMUP yang memilih seleksi menggunakan nilai UTBK tidak melaksanakan ujian daring karena penilaian didasarkan atas nilai UTBK yang telah dimiliki masing-masing peserta.
 
Baca: Unpad Buka Pendaftaran Double Degree Magister dengan Akita University
 
Sementara, peserta SMUP yang memilih seleksi masuk melalui ujian daring akan mengikuti ujian daring pada Sabtu, 26 Juni 2021. Untuk memperkenalkan tata cara pelaksanaan ujian, para peserta mengikuti simulasi ujian secara daring hari ini. 
 
Ujian daring akan dilaksanakan dalam 4 sesi pelaksanaan dan setiap peserta harus mengikuti sesuai sesi yang telah ditentukan. Unpad juga telah menyiapkan saluran komunikasi WhatsApp khusus bagi peserta yang mengalami kendala dengan aplikasi ujiannya.
 
"Kami menyediakan helpdesk, diharapkan semua peserta bisa mempersiapkan diri sehingga tidak menemui masalah dan bisa lancar melaksanakan ujian nanti," ujar Anas.
 
Untuk memperoleh nomor telepon helpdesk sesuai nomor peserta masing-masing, silakan kunjungi https://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/ lalu pilih submenu 'Pelaksanaan Tes'. Di halaman tersebut, silakan masukan nomor peserta dan klik 'cari'. Peserta akan memperoleh data waktu sesi ujian dan nomor telepon helpdesk yang bisa dihubungi.
 
Baca: Peserta KIP Kuliah Bisa Daftar Jalur Mandiri UNAIR, Gratis!
 
Peserta diharapkan dapat hadir tepat waktu sesuai sesi yang telah ditentukan dan tidak bisa pindah ke sesi lain. Toleransi keterlambatan login untuk mengikuti ujian hanya 15 menit.
 
Unpad masih membuka pendaftaran SMUP Sarjana Terapan (D4) Jalur Mandiri hingga 5 Juli 2021. Jika pada saat pengumuman 2 Juli 2021 mendatang, peserta tidak lulus SMUP Sarjana Jalur Mandiri maka masih ada kesempatan mendaftar seleksi SMUP Sarjana Terapan. 
 
Informasi pendaftaran tersedia di https://smup.unpad.ac.id. Selain itu, Anas mengingatkan agar setiap peserta seleksi, baik yang melalui SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri agar waspada terhadap sejumlah modus penipuan yang mengatasnamakan Unpad.
 
"Kepada para calon mahasiswa, baik yang diterima di SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur mandiri agar waspada dan harus berhati-hati, jangan mudah percaya. Kami tidak pernah melakukan transaksi secara individual, juga tidak menjalin kerja sama dengan misalnya tempat kos atau apartemen untuk mahasiswa," ujarnya. 
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif