Ilustrasi. Foto: MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi. Foto: MI/Andri Widiyanto

PTM Terbatas, Orang Tua Usul Fokuskan Mata Pelajaran Bersifat Praktik

Pendidikan Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka
Ilham Pratama Putra • 10 Juni 2021 11:22
Jakarta: Orang tua mengusulkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas lebih fokus pada mata pelajaran (mapel) yang bersifat praktik. Sebab, mapel tersebut tidak bisa dilakukan maksimal lewat pembelajaran daring.
 
"Ada mapel yang mengharuskan praktik ini tidak bisa dilakukan maksimal ketika online. Jadi pembelajaran anak itu tidak bisa tercapai dengan maksimal," kata  Pengurus Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) SMA Lab School Jakarta, Elindra Yeti kepada Medcom.id, Kamis, 10 Juni 2021.
 
Mapel bersifat praktik itu antara lain olah raga hingga keterampilan. Mapel yang mengharuskan praktik di laboratorium juga bisa dilakukan di sekolah agar pembelajarannya maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena banyak mapel yang harus praktik seperti olah raga, itu kan penting kemudian praktek di lab itu penting juga, itu kan enggak bisa digantikan," jelas dia.
 
Dia mengatakan PTM terbatas ini akan mengobati rasa kesepian anak selama belajar di rumah. Sebab, menurutnya, anak sudah sangat haus akan interaksi sosial secara langsung.
 
Baca: PTM Terbatas, Orang Tua Butuh Diyakinkan Jika Sekolah Aman
 
Dari sisi pembelajaran pun, menurut Yeti, anak-anak akan lebih puas. Sebab bertemu guru dan teman untuk saling berdiskusi memudahkan anak untuk paham materi pembelajaran.
 
"Dengan bertemu guru dan temen itu mungkin bisa teratasi," sebut dia.
 
Menurut dia, paling penting yakni bagaimana nantinya PTM terbatas bisa berjalan aman. Dia meminta kepada sekolah agar mampu melakukan pengawasan terhadap anak terkait protokol kesehatan dan menyediakan berbagai fasilitas sanitasi.
 
"Tentu di sekolah itu betul-betul bagaimana menyiapkan sarana fasilitas kebersihan cuci tangan, ruangan di disinfektan, ruangan isolasi, handsanitizer, pergi sekolah nanti murid jangan semua masuk tapi tetapi shifting," ungkapnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif