Pelatihan vlog di Musi Banyuasin, dok: istimewa
Pelatihan vlog di Musi Banyuasin, dok: istimewa

Kabupaten Muba Bersiap Sambut Era Revolusi Industri 4.0

Pendidikan pendidikan
06 Januari 2019 00:00
Sekayu: Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan, bersiap menyambut era Revolusi Industri 4.0. Lantaran itu, pemerintah kabupaten pun bertekad memperbaiki sumber daya manusia untuk bersiang di era tersebut.
 
Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik, hingga perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia mengoptimalkan fungsi otak. Dodi mengutip pernyataan itu dari pernyataan Klaus Schwab, Founder dan Executive Chairman of the World Economic Forum dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution.
 
"Untuk memperbaiki sumber daya manusia di Muba, harus mengubah sisi dan pola pikir anak-anak didik berdasarkan tuntutan zaman sekarang," kata Dodi dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Jumat, 4 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekolah pun harus bisa mengasah dan mengembangkan bakat anak didiknya. Lalu, institusi pendidikan tinggi harusnya mampu mengubah model pembelajaran sesuai kebutuhan zaman sekarang dan masa depan.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musni Wijaya mengatakan pemkab pun menggandeng Sampoerna Foundation. Melalui program School Development Outrech, kerja sama itu mengadakan pelatihan memperbaiki kualitas SDM di Muba.
 
Satu di antaranya Video Blogging di Sekayu. Kegiatan itu berlangsung mulai 19 hingga 24 November 2018.
 
Speaker Training Vlog dari PSF Development Outreach, Faris Budiman Annas, menjelaskan telah terbukti dengan capaian prestasi peserta didik di bumi Serasan Sekate pada November 2017 lalu yang menjuarai VLOG Internasional di Jakarta yang diraih Salsabila dari SDN 1 Babat Toman, Gandes Ken Candra SDN 1 Babat toman, dan Bindu Rahmat Horas Arusan SMPN 1 Sungai lilin.
 
“Nah, kami sangat tertarik dengan peserta didik di Muba ini untuk lebih memperdalam lagi memberikan training vlog karena sudah pernah menjuarai Vlog Internasional,” ujarnya.
 
Faris mengatakan pelatihan vlog diberikan untuk peserta didik SMPN 1 dan SMPN 6 Musi Banyuasin. Tujuannya, meningkatkan kreativitas siswa mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai media pembelajaran.
 
Di samping itu, lanjutnya, dengan menguasai materi training vlog nantinya peserta didik di Muba juga turut andil untuk memperkenalkan keanekaragaman yang ada di Muba lewat vlog yang mereka buat nantinya.
 
“Training vlog ini akan berlangsung hingga 24 November nanti dan diharapkan peserta didik di Muba nantinya akan menguasai materi dasar dan dapat mengimplementasikan materi dengan baik,” harapnya.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif