Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 berjalan lancar (Foto:MI/Arya Manggala)
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 berjalan lancar (Foto:MI/Arya Manggala)

Komisi X Apresiasi Pelaksanaan UNBK 2019

Pendidikan berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 09 Mei 2019 12:55
Jakarta: Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 berjalan lancar. Tidak ada temuan yang mengganggu proses ujian di seluruh tingkat sekolah.
 
Anggota Komisi X DPR RI Reni Marlinawati mengapresiasi capaian tersebut. Penyelenggaraan UNBK pada Maret-April 2019, lebih baik daripada tahun sebelumnya.
 
“Ini momentum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan peningkatan proses pembelajaran yang lebih baik. Terutama dalam menghadapi kemajuan teknologi,” kata Reni, dikutip dpr.go.id, Kamis, 9 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus PPP itu menyebutkan, keberhasilan UNBK 2019 juga dapat dilihat dari reaksi pelajar dalam menghadapi tingkat kesulitan soal penalaran atau High Order Thinking Skill (HOTS). Berdasarkan pemantauannya, tidak ada peserta UNBK yang mengeluhkan tingkat kesulitan soal.
 
“Tahun ini tidak ada respons berlebihan dari pelajar. Semuanya relatif berjalan tertib, baik, dan kredibel. Maka, perlu diapresiasi,” kata Reni.
 
Meskipun pelaksanaan UNBK tidak ditemukan kendala, ia berharap pemerintah terus melakukan penyempurnaan. Sehingga, pelaksanan UNBK ke depan lebih baik.
 
“Tinggal penyempurnaan saja baik dalam pelaksanaan maupun dalam proses belajar pelajar. Karena UNBK tidak bisa ditawar lagi,” ujar dia.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif