Dosen Untag Raih Penghargaan Dari Kopertis
Dosen Fakultas Hukum Untag, Fajar Sugianto, dokumentasi Humas Untag.
Jakarta:  Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Salah satu dosennya mendapatkan gelar dosen berprestasi tingkat Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah VII Jatim 2018.

Dosen tersebut adalah Fajar Sugianto, Ketua Program Studi (Kaprodi) Magister Hukum Fakultas Hukum (FH) Untag.  Fajar terpilih sebagai dosen berprestasi II (dua) untuk kategori sosial humaniora (soshum).


Keputusan ini berdasarkan surat keputusan (SK) Koordinator Kopertis Wilayah VII Jatim nomor 118/K7/KP/2018, tentang hasil pemilihan dosen berprestasi.  "Pemilihan dosen berprestasi ini, berdasar tugas pokok dan fungsi dosen," terang Fajar dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, di Jakarta, Senin, 22 Oktober 2018.

Penilaian meliputi Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.  Kiat sukses Fajar berawal dari seringnya ia berdiskusi membicarakan isu terkini bersama koleganya, kemudian dikembangkan menjadi objek penelitian dan kajian
perkuliahan.

“Secara berkala, ketika ada isu yang menjadi perbincangan dan fenomena di Indonesia, seperti 2013 saat ada isu MEA sesuai bidang keilmuan saya, analisis dan evaluasi. Kemudian saya bagikan ke lembaga atau instansi, dan kebetulan menarik perhatian kantor hukum di Jepang,” urainya.

Baca: Cum Laude di Universitas Al-Azhar Dapat Bonus Berhaji

Bahkan dari salah satu kajiannya, Fajar sempat diundang kantor hukum Shinwa Law Office, Ginza, Tokyo, Jepang. Dia diundang sebagai dewan pakar hukum ASEAN, karena kajian dan penelitiannya terkait isu Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dalam bidang pendidikan, Fajar mengaku sudah membuat 16 buku sejak tahun 2013. Sebanyak 10 di antaranya telah memiliki hak cipta. Untuk bidang penelitian, telah banyak hasil penelitiannya yang diterbitkan ke jurnal nasional terakreditasi dan
jurnal-jurnal nasional.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id