Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, ANT/Puspa Perwitasari.
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, ANT/Puspa Perwitasari.

Blok Rokan Dibuka untuk Riset Perguruan Tinggi

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian
Ilham wibowo • 19 Maret 2019 16:38
Pekanbaru:Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati optimistis kolaborasi bersama perguruan tinggi bakal membuahkan manfaat yang positif. Pengelolaan sumber daya energi nantinya bisa banyak digarap anak bangsa.
 
Pernyataan itu disampaikan Nicke saat menghadiri acara BUMN Goes to Campus di Universitas Riau (Unri) Gobah, Pekanbaru, Riau, Selasa, 19 Maret 2019. Menurutnya, Pertamina juga bakal fokus pada pengembangan penelitian pengembangan atau research and development (R and D).
 
"Dengan Pertamina operasi di Blok Rokan, akan terbuka riset dan pertumbuhan ekonomi," kata Nicke dalam sambutannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unri akan mendapat prioritas untuk mempelajari potensi besar pada Blok Rokan yang masih belum terkuak. Nicke mengatakan, saat ini pemanfaatan untuk pengolahan minyak mentah baru dilakukan dua per tiga dari total lahan keseluruhan.
 
Tak menutup kemungkinan tahap eksplorasi pun akan melibatkan para peneliti lokal. Selain itu, seluruh pekerja yang diperlukan bakal melibatkan potensi putra daerah.
 
"R and D sebagai kajian lanjut Blok Rokan, karena ada sepertiganya yang belum digarap. Kami akan lakukan kerja sama dengan Universitas Riau, eksplorasi juga kita lakukan terbuka," paparnya.
 
Baca:Pemerintah Didorong Ciptakan Iklim Riset yang Kondusif
 
Lebih lanjut, Blok Rokan yang sempat dikelola Chevron Pacific Indonesia dalam tahap transisi pengalihan ke Pertamina. Sumber energi yang diolah sudah bisa dimanfaatkan langsung tanpa perlu menunggu kontrak berakhir pada 2021.
 
"Neraca migas nasional membaik, devisa tidak keluar karena beli (minyak mentah) di dalam negeri. Blok Rokan Riau sudah bisa memberikan kontribusi untuk negara," ungkapnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Provinsi Riau Samsuar menyambut niatan Pertamina di wilayahnyam sebagai upaya dalam peningkatan ekonomi daerah dan nasional. Kesempatan yang diberikan Pertamina dinilai bisa memacu para mahasiswa untuk meraih prestasi yang membanggakan.
 
"Dukungan BUMN ikut bantu pembangunan Provinsi Riau agar maju di masa mendatang. Ini sangat bermanfaat bagi anak kami yang ikuti perkuliahan di kampus, memacu kita berprestasi," tuturnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif