Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Ini Alasan Dana Abadi Pendidikan Tinggi Hanya untuk PTN BH

Ilham Pratama Putra • 01 Agustus 2022 15:20
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan dana abadi perguruan tinggi. Dana tersebut nantinya dapat dimanfaatkan Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH).
 
Direktur Fasilitas Riset Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Wisnu Sardjono, menegaskan hanya PTN BH yang bisa mendapat dana abadi perguruan tinggi. Saat ini, ada 16 PTN BH di Tanah Air.
 
"Kalau dari kami, prinsipnya, namanya juga Dana Abadi Perguruan Tinggi, tentunya dicarikan perguruan tinggi yang otonom. Nah yang otonom saat ini ya PTN BH," ujar Wisnu dalam Silaturahmi Merdeka Belajar dikutip Senin, 1 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wisnu menyebut PTN BH dinilai sangat siap secara regulasi dan kemampuan mengelola aset. Dia menyebut pengeleloaan finansial PTN BH juga sudah sangat independen.
 
Dia mengatakan dana abadi tidak akan tersalurkan ke perguruan tinggi berstatus PTN Satuan Kerja (Satker) Kementerian atau PTN Badan Layanan Umum (BLU). Sebab, kedua model PTN tersebut belum bisa mengelola keuangannya secara independen.
 
Wisnu menegaskan sifat otonomi ini menjadi salah satu tolok ukur Kemendikbudristek menentukan sasaran Dana Abadi Perguruan Tinggi. Sementara itu, penyaluran dana bakal dilakukan LPDP.
 
Wisnu menyebut penggunaan Dana Abadi Perguruan Tinggi bakal diawasi berlapis. Adapun sejumlah pihak yang turut memantau pengunaan dana abadi, ialah Satuan Pemeriksa Internal LPDP, Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Kantor Akuntan Publik.
 
Baca juga: Penggunaan Dana Abadi Pendidikan Tinggi Tidak Dibatasi Tahun Anggaran

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif