Tim IRIS ITS menyiapkan robot untuk berlaga di kategori Middle-Size League, RoboCup 2021 Worldwide. Foto: Dok Humas ITS.
Tim IRIS ITS menyiapkan robot untuk berlaga di kategori Middle-Size League, RoboCup 2021 Worldwide. Foto: Dok Humas ITS.

ITS Wakil Tunggal Indonesia di Kompetisi Robot Internasional

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kompetisi Robot Perguruan Tinggi ITS
Arga sumantri • 24 Juni 2021 11:16
Surabaya: Tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengikuti kompetisi RoboCup 2021 Worldwide yang dilaksanakan secara daring, mulai 22 - 28 Juni 2021. ITS mengirim dua perwakilan, yakni Tim Ichiro dan Tim IRIS.
 
Pembimbing Tim Ichiro, Muhtadin menjelaskan, RoboCup merupakan kompetisi robot prestisius yang bertaraf internasional. Ia mengatakan, ITS telah aktif berkompetisi sejak RoboCup 2018 yang diselenggarakan di Kanada. 
 
Saat itu, Tim Robotika ITS berhasil menduduki peringkat tertinggi, yaitu sebagai juara pertama. Pada 2020, kompetisi RoboCup ditiadakan karena pandemi covid-19, dan baru diadakan kembali tahun ini dengan format kompetisi secara daring.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim Ichiro siap bertanding pada kategori Humanoid Soccer League dan Tim IRIS akan bertanding pada kategori Middle-Size League. ITS menjadi perguruan tinggi satu-satunya di Indonesia yang lolos dalam seleksi RoboCup 2021 Worldwide ini.
 
Baca: Mayoritas Lulusan MAN IC Serpong Berhasil Tembus Kampus Negeri
 
Ia menjelaskan, pada kategori Humanoid Soccer League, peserta diwajibkan untuk mendesain robot dalam bentuk 3 Dimensi (3D) lengkap dengan kinematikanya. Kemudian, peserta juga harus menyusun pemrograman pada robotnya. Robot dalam bentuk 3D beserta programnya ini selanjutnya akan di-submit ke Cloud server panitia.
 
"Nantinya, panitia akan mempertandingkan robot dan algoritma milik peserta dalam simulator robot milik panitia untuk kemudian robot akan bermain bola secara otonom layaknya pertandingan dalam dunia riil," terang Muhtadin.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif