Ilustrasi: Medcom
Ilustrasi: Medcom

AMINEF Buka Lowongan Direktur Eksekutif, Simak Persyaratannya!

Medcom • 20 Juli 2024 11:00
Jakarta: Yayasan Pertukaran Amerika Indonesia (AMINEF), Komisi Fulbright Indonesia membuka pendaftaran lowongan pekerjaan untuk posisi Direktur Eksekutif.  Lowongan kerja ini untuk penempatan di Jakarta, Indonesia. 
 
Melansir laman AMINEF, yayasan ini mengelola berbagai pertukaran pendidikan antara Amerika Serikat (AS) dan Indonesia, terutama program Fulbright sebagai program pertukaran akademis unggulan dari pemerintah AS.
 
Melansir laman AMINEF, salah satu tugas sebagai Direktur Eksekutif adalah mengawasi anggaran tahunan lebih dari USD12 juta (Rp194 miliar) dan melaporkannya kepada Dewan Manajemen, serta berkomunikasi dengan lembaga perwakilan dari kedua negara pemerintahan. AMINEF juga menerima pendanaan dari pemerintah dan sumber swasta.

Posisi ini akan mengambil peran kepemimpinan dan mengembangkan cita-cita misi Fulbright di Indonesia. Berikut rincian kegiatan yang akan dilakukan:

Rincian tugas posisi

  1. Mengembangkan tujuan, program, dan proyek AMINEF sesuai dengan persetujuan Dewan
  2. Memimpin tim profesional untuk mengelola pertukaran akademis bilateral antara kedua negara
  3. Memajukan perencanaan jangka panjang dan perencanaan anggaran, serta program tahunan yang diinformasikan oleh tren dalam pendidikan internasional dan pendidikan tinggi
  4. Bertugas sebagai sekretaris pada seluruh rapat Dewan Manajemen AMINEF
  5. Mengawasi proses rekrutmen, seleksi, orientasi, penempatan, dan pemantauan penerima beasiswa Fulbright dari Indonesia dan Amerika, serta penerima beasiswa program lain yang disponsori Pemerintah AS sesuai pedoman yang ditetapkan oleh Fulbright Foreign Scholarship Board di Washington, D.C.
  6. Memberikan laporan berkala mengenai strategi dan pencapaian AMINEF kepada Dewan Manajemen dan audiens lain sesuai permintaan
  7. Berpartisipasi dalam konferensi dan seminar akademis di AS ataupun Indonesia untuk mempromosikan AMINEF dan Program Fulbright
  8. Mengembangkan dan memperluas jaringan alumni dan program komunikasi AMINEF
  9. Mengawasi dan bertanggung jawab atas sistem akuntansi fiskal AMINEF
  10. Menjaga komunikasi yang erat dengan para pemangku kepentingan AMINEF di pemerintahan AS dan Indonesia, termasuk Kedutaan Besar AS di Jakarta, Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri di Washington, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Inovasi dan Teknologi, Kementerian Agama, lembaga pendidikan Indonesia dan Amerika, dan pihak lainnya
  11. Mewakili AMINEF, Fulbright, dan program pertukaran lainnya di forum publik sebagai pembicara publik, presenter makalah konferensi, atau moderator
  12. Mempromosikan program Fulbright dan program pertukaran lainnya kepada masyarakat Indonesia dan Amerika untuk meningkatkan perekrutan kandidat potensial dari berbagai latar belakang
  13. Memberikan nasihat kepada perwakilan pemerintah AS dan Indonesia mengenai pengelolaan program Fulbright dan area potensial untuk perluasan dan adaptasi terhadap konteks lokal yang berubah
Jabatan Direktur Eksekutif AMINEF membutuhkan kriteria seorang manajer yang sigap dan berkomitmen menjalankan kepemimpinannya atas program dan staf Komisi. Kandidat yang berhasil akan menjadi pemimpin yang terbukti dengan visi mempromosikan saling pengertian melalui pertukaran pendidikan antara AS dan Indonesia.

Persyaratan:

  1. Menjadi warga negara AS atau Indonesia (lamaran dari negara lain tidak memenuhi syarat)
  2. Memiliki gelar lanjutan (diperlukan gelar master, tetapi lebih disukai gelar doktor) di bidang, seperti administrasi pendidikan, pendidikan internasional, atau bidang serupa. Pengalaman sepadan akan dipertimbangkan, termasuk studi atau penelitian tingkat pascasarjana, lebih disukai di AS dan Indonesia
  3. Menunjukkan kemampuan manajemen, termasuk 10 tahun pengalaman administratif di lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, atau lembaga pemerintah, dan bukti keberhasilan pendampingan dan pengawasan karyawan terhadap staf yang berjumlah 10 orang atau lebih
  4. Memiliki pengalaman dalam perencanaan dan penganggaran keuangan dalam organisasi yang kompleks
  5. Memiliki pengalaman dalam mengelola program internasional dan rekam jejak efektivitas dalam berurusan dengan lembaga pemerintah asing
  6. Memiliki kemampuan komunikasi lisan, tertulis, dan interpersonal yang baik, serta kompetensi dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  7. Kenali sistem pendidikan dan penelitian di AS dan Indonesia
  8. Memiliki pengalaman langsung dalam pertukaran antarbudaya ataupun akademis, serta menghormati tantangan dan kepekaan yang melekat dalam lingkungan lintasbudaya
Posisi akan dikontrak dua tahun yang dapat diperpanjang akan ditawarkan, tergantung pada kinerja setelah menyelesaikan tahun pertama masa jabatan. Gaji dan tunjangan kompetitif dapat dinegosiasikan.
 
Surat lamaran harap mencantumkan kualifikasi di atas, resume, riwayat gaji, dan nama pelamar, alamat e-mail, serta nomor telepon dari tiga referensi profesional. Pendaftaran paling lambat pada 26 Juli 2024.
 
Bagi Sobat Medcom yang berminat, segera kirimkan surat lamaran sesuai ketentuan kepada Ratna Dewi Manurung, AMINEF Human Resources Officer, di recruitment@aminef.or.id atau di AMINEF, Intiland Tower, Lantai 11, Jalan Jenderal Sudirman 32, Jakarta, 10220, Indonesia. (Theresia Vania Somawidjaja)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan