Ilustrasi.  Foto:  Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Unika Atma Jaya Siapkan Multiplatform Kuliah Daring

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 27 Maret 2020 17:18
Jakarta: Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Jakarta menunjukkan kesiapannya dalam pelaksanaan kuliah daring atau pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Korona. Unika Atma Jaya sudah memiliki multiplatform perkuliahan daring yang siap digunakan di kondisi seperti ini.
 
Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama, Unika Atma Jaya Jakarta, Elisabeth Rukmini menyebut, bahwa program pembelajaran daring sendiri sudah jauh disiapkan jauh sebelum adanya virus Korona. Untuk itulah pihaknya mengaku sudah sangat siap dengan pembelajaran daring.
 
Rektor Unika Atma Jaya, Prasetyantoko mengatakan beberapa platform pembelajaran daring yang selama ini sudah dipakai antara lain Microsoft dengan Office 365, learning management system(LMS), Moodle, AtmaZeds dan PANOPTO. Untuk PANOPTO merupakan platform khusus untuk streaming atau untuk recording video teaching sekaligus juga untuk menggunakan bersamaan dengan presentasi slides ataupun resources lainnya secara daring.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Atmazeds merupakan platform pembelajaran massive open online courses (MOOC). Atmazeds bisa diakses oleh masyarakat umum, bukan hanya oleh mahasiswa Atma Jaya.
 
"Platform Ini sebagai bentuk komitmen kami dalam mengembangkan future skills bagi mahasiswa dan komunitas,” jelas Prasetyantoko dalam siaran pers yang diterima Medcom.id,di Jakarta, Jumat, 27 Maret 2020.
 
Selain untuk pembelajaran, platform tersebut digunakan untuk asesmen. Unika Atma Jaya saat ini tengah melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) secara daring sejak 23 Maret-4 April 202. Bentuknya beragam mulai tes daring, take home test ataupun project base yang membuat mahasiswa tidak perlu datang ke kampus.
 
“Kecuali pada metode yang harus melibatkan percobaan atau eksperimen di laboratorium,” jelasnya.
 
Kampus yang juga menjadi mitra Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id ini juga tidak hanya memiliki platform pembelajaran daring, tetapi juga menyediakan akses ke perpustakaan dan jurnal online internasional. Selain itu juga bantuan aplikasi menulis Bahasa Inggris, Grammarly yang dapat mahasiswa akses dari mana saja.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif