NEWSTICKER
Wisudawan diwajibkan menggunakan hand sanitizer sebelum menerima ijazah dan berfoto dengan Rektor ITS. Foto: ITS/Humas
Wisudawan diwajibkan menggunakan hand sanitizer sebelum menerima ijazah dan berfoto dengan Rektor ITS. Foto: ITS/Humas

Antisipasi Korona, Wisuda ITS Tanpa Jabat Tangan

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 17 Maret 2020 22:29
Jakarta: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar Wisuda ke-121 akhir pekan lalu. Ada yang berbeda dalam seremoni wisuda kali ini, pihak kampus meniadakan prosesi jabat tangan antara wisudawan dengan rektor.
 
Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona. Para wisudawan pun langsung menerima ijazah dan berfoto dengan Rektor ITS, Mochammad Ashari, tetapi sebelumnya mereka wajib memakai hand sanitizer yang telah disediakan.
 
Sekretaris ITS, Suhartono menjelaskan, apa yang dilakukan ini merupakan implementasi dari arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) guna menghindari kontak langsung antarsesama orang. Termasuk juga berjabat tangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“ITS sangat berhati-hati dalam menyikapi persebaran virus Corona ini, apalagi saat ini telah terdeteksi ada di wilayah Indonesia,” jelas Suhartono dikutip dari laman ITS, Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Baca juga:Pasutri Lulus Doktor Cum Laude di ITS
 
Selain wisudawan, pihak ITS juga mewajibkan orang tua memakai hand sanitizer sebelum memasuki tempat berlangsungnya prosesi wisuda. Wisudawan juga sudah diimbau jika sakit, demam, flu, batuk, atau lainnya lebih baik tidak menghadiri kegiatan wisuda.
 
Dosen Departemen Statistika ITS itu juga menyebut, sebagai upaya preventif membagikan sebanyak 1.300 hand sanitizer secara gratis kepada wisudawan. Hand sanitizer ini kata dia, diproduksi secara mandiri oleh ITS dan dibuat atas kerja keras dari Tim Smart Eco Campus ITS yang bekerja sama dengan Departemen Kimia, Departemen Teknik Lingkungan, dan Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS.
 
Soehartono menegaskan, bahwa langkah-langkah tersebut merupakan bukti jika ITS serius dalam menyikapi dampak dari virus Korona yang saat ini terus meningkat. Harapannya, seluruh elemen ITS bisa ikut berpartisipasi dalam mencegah perkembangan virus Korona dengan melakukan berbagai hal kecil.
 
“Jangan sampai terkecoh terhadap informasi yang justru tidak bermanfaat,” ujarnya.
 
Pada wisuda ke-121 kali ini, sebanyak 1.279 mahasiswa dari jenjang diploma, sarjana, magister, dan doktoral mengikuti prosesi wisuda. Dari jumlah tersebut, sebanyak 245 mahasiswa berhasil lulus dengan predikat Cum laude pada wisuda semester ganjil ini.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif