Ilustrasi. Foto: MI/Bagus Suryo
Ilustrasi. Foto: MI/Bagus Suryo

Siswa dari Ekonomi Bawah Paling Kesulitan Belajar Daring

Pendidikan Virus Korona
Ilham Pratama Putra • 19 Maret 2020 11:57
Jakarta: Pengamat pendidikan dari Universitas Paramadina, Totok Amin Soefianto menyebut belajar dengan metode online atau daring memiliki tantangan tersendiri. Siswa dengan ekonomi bawah adalah peserta belajar daring yang paling merasa kesulitan.
 
Kondisi perekonomian ini yang kerap luput dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Orang tua siswa dengan ekonomi bawah kerap meninggalkan anaknya di rumah.
 
"Orang tua dari kelompok bawah kemungkinan lebih sulit, karena mereka bekerja dengan upah harian, mingguan atau usaha kecilnya," kata Totok kepada Medcom.id, Kamis, 19 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kelompok keluarga ekonomi bawah ini, orang tua siswa berpotensi menjadi luput pengawasan kepada anaknya karena harus terus mencari nafkah. Di situlah ada potensi anak malah tidak belajar.
 
"Tak ada pengawasan, tugas menumpuk, anak-anak bisa jadi stres dan malah tidak mengerjakan tugas," ujar dia.
 
Baca juga:Pengamat Sesalkan Guru Gagap Belajar Daring
 
Belum lagi, kata Totok, persoalan kesediaan ruang belajar bagi keluarga dengan ekonomi bawah. Anak merasa tidak nyaman belajar di rumah.
 
Hal ini jauh berbeda dengan siswa yang memiliki kondisi keluarga dengan perekonomian menengah dan atas. Mereka akan lebih mudah memfasilitasi anak untuk belajar.
 
"Yang ekonomi atas, memiliki alat bantu teknologi yang banyak, rumah cukup ruangan, bahkan anak punya kamar sendiri. Orang tua di kelompok ini punya peluang besar work from home sekaligus bisa juga mengawasi," lanjut Totok.
 
Terlepas dari masalah perekonomian. Dia meminta para orang tua memiliki naluri dalam mengawal pendidikan anak. Dia berharap orang tua dan siswa mau berjuang dalam kondisi yang serba terbatas saat ini.
 
"Yang penting, orang tua hadir dan rajin cek anak selama dua minggu ini. Jangan dilepas begitu saja," pungkasnya.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif