Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Tangkapan Layar, Konfrensi Video Kemendikbud RI.
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Tangkapan Layar, Konfrensi Video Kemendikbud RI.

Nadiem Tegaskan PPDB Tak Diundur Karena PSBB

Pendidikan Virus Korona PPDB
Ilham Pratama Putra • 09 April 2020 18:49
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim memastikan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 tidak akan diundur. Penegasan ini disampaikan, walaupun di satu daerah telah menetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
 
"Satu poin untuk PPDB, apakah PSBB akan mengubah dari strategi PPDB? Jawabannya tidak. Jadi tidak ada perubahan pada saat ini dari tanggal PPDB," tegas Nadiem dalam konferensi video, Kamis 9 April 2020.
 
Nadiem menyebut, PPDB akan berlangsung sesuai dengan skema yang telah dia tetapkan. Yakni siswa bakal diseleksi berdasarkan nilai rapor lima semester terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti yang sudah pernah saya sampaikan skemanya. PPDB masih jalan seperti biasa. Tidak ada perubahan sampai saat ini. perubahannya hanya di kriteria jalur prestasi (menyusul dibatalkannya Ujian Nasional)," kata Nadiem.
 
Baca juga:Opsi PPDB Daring Paling Tepat di Tengah Pandemi Korona
 
Menurutnya, tak ada yang bisa mengubah skema ini, PSBB sekalipun. Sebab perubahan skema jalur prestasi yang diambilnya telah dikaji dengan mempertimbangkan potensi PSBB itu sendiri.
 
"Kita sudah beroprasi seolah-olah semua daerah PSBB. Kita asumsinya di daerah-daerah ini dalam kondisi positif," tegasnya.
 
Pada seleksi PPDB nanti, Nadiem menyebut, prestasi nonakademik di luar maupun di dalam sekolah dapat menjadi pertimbangan. Mulai dari lomba hingga aktivitas siswa lainnya.
 
"Atau prestasi akademik dan nonakademik di luar sekolah, menang lomba-lomba partisipasi berbagai macam aktivitas dan lain-lain jadi itu penting," jelas Nadiem

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif