Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Optimalkan Pengawasan, Tes UTBK Tidak Digelar Daring

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru SNMPTN/SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 25 Mei 2020 17:59
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menegaskan, pihaknya tidak melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) secara daring. Peserta diharuskan hadir di 74 pusat UTBK PTN untuk mengerjakan soal di komputer yang tidak menggunakan jaringan internet saat penyelenggaraan tes.
 
"Terus terang kami belum punya instrumen yang bisa meyakinkan ujian daring ini. Kalau daring bagaimana mengawasi peserta tes, apakah yakin yang mengerjakan adalah yang bersangkutan yang benar-benar mengerjakan," kata Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo dalam siaran ulang Sosialisasi UTBK-SBMPTN 2020 di Live YouTube.
 
Bahkan, kata Budi, tak ada satu negara pun yang bisa memastikan sistem daring tersebut, terlebih lagi mempertimbangkan pesertanya dalam jumlah banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meskipun nanti bulan Juli kondisinya masih belum berubah, kami belum bisa melakukan secara daring," terangnya.
 
Baca juga:Menyesuaikan Pandemi, Catat Perubahan Aturan UTBK-SBMPTN 2020
 
Budi bukannya tak percaya asas kejujuran. Dia hanya ingin meminimalisir tingkat kecurangan. "Kalau misalkan ini tampak di kamera adalah saya, ternyata yang mengerjakan di sebelah saya ini tidak terlihat di kamera," lanjut Budi.
 
Menurut Budi, jika ada peserta yang bersikukuh pada ujian daring, maka dipersilahkan untuk mengikuti tes masuk secara mandiri. Sebab dia tak memiliki cara melakukan UTBK-SBMPTN secara langsung.
 
"Silakan di mandiri. Mungkin teman-teman masing-masing perguruan tinggi itu punya cara atau kerja sama (untuk daring) silakan pakai tes mandiri itu," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif