Anggota DPR, Hetifah Sjaifudian.  Foto:  Medcom.id/Intan Yunelia
Anggota DPR, Hetifah Sjaifudian. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia

Kriteria Calon Menteri Bidang Pendidikan, Tidak Boleh Gaptek

Pendidikan kabinet jokowi
Anggi Tondi Martaon • 11 Oktober 2019 14:07
Jakarta: Anggota DPR, Hetifah Sjaifudian menilai, sosok yang akan menduduki calon menteri di bidang pendidikan di Kabinet Kerja jilid II harus mengantongi sejumlah kriteria penting. Mulai dari visi yang harus sejalan dengan Presiden, juga kemampuannya dalam beradaptasi dengan teknologi.
 
Hetifah mengatakan, menteri di bidang pendidikan yang akan membantu pemerintahan Jokowi di periode kedua harus sejalan dengan program yang diusung oleh Jokowi.
 
"Beliau (Jokowi) sudah mencanangkan pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) Unggul sebagai program prioritas. Tentunya orang yang bisa memahami dan sevisi serta loyal pada Presiden," kata Hetifah kepada Medcom.id, Jumat, 11 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, sosok yang dipilih juga harus inovatif dan tidak gagap teknologi (gaptek). Mengingat, tantangan ke depan sangat berkaitan dengan teknologi.
 
"Karena pendidikan kita ke depan akan berorientasi pada penerapan IT dan berbasis digital," ujar wakil rakyat dapil Kalimantan Timur ini.
 
Politikus Golkar itu juga berharap, sosok yang dipilih juga mampu mengelola talenta SDM Indonesia. Terutama, yang memiliki prestasi di luar negeri.
 
"Sosok yang memiliki horison yang luas karena juga akan mengelola talenta baik di dalam negeri maupun para diaspora," ungkap dia.
 
Hetifah pun berharap agar Jokowi memilih sosok yang tepat mengisi jabatan menteri pada sektor pendidikan. Sehingga, upaya meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia bisa dilakukan dengan baik.
 
"Semuanya kita serahkan ke Presiden Jokowi," ujar dia.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif