CEO Medcom.id Mirdal Akib saat memberi sambutan di Awarding Night OSC Medcom.id 2019.  Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
CEO Medcom.id Mirdal Akib saat memberi sambutan di Awarding Night OSC Medcom.id 2019. Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Media Group Siapkan Yayasan Baru untuk OSC

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 20 Desember 2019 07:07
Jakarta: Media Group tengah mempersiapkan sebuah yayasan yang akan menaungi program Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id di 2020. Yayasan tersebut bernama Yayasan Surya Edukasi Bangsa.
 
CEO Medcom.id, Mirdal Akib mengatakan, yayasan ini akan fokus pada pengembangan pendidikan di Indonesia. Harapannya, Yayasan Surya Edukasi Bangsa dapat turut serta membantu pemerintah dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia unggul.
 
"Karena untuk Indonesia unggul, dibutuhkan SDM yang unggul. Sedangkan untuk bisa mendapatkan SDM yang unggul, maka dibutuhkan pendidikan yang merata dan terbaik untuk seluruh putra putri bangsa ini," terangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ke depan, Media Group akan mengundang seluruh pemangku kepentingan beserta masyarakat Indonesia untuk ikut serta dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas melalui Yayasan Surya Edukasi Bangsa.
 
Selain itu, mulai tahun ini juga telah dikembangkan OSC Community. Komunitas ini nantinya akan menjadi media komunikasi dan informasi bagi para pemenang, finalis, peserta, dan pemburu beasiswa di seluruh Indonesia.
 
Seperti diketahui, program OSC Medcom.id mengalami kemajuan pesat sejak pertama kali diselenggarakan pada 2015 lalu. Tidak hanya dilihat dari meningkatnya jumlah mitra perguruan tinggi pemberi beasiswa, namun juga antusiasme pelajar untuk mengikuti program ini.
 
Berdasarkan data OSC, jumlah penerima beasiswa saat pertama kali digelar pada 2015 hanya menjangkau 50 orang. Jumlahnya meningkat empat kali lipat di 2016 yakni 200 penerima beasiswa. Kemudian bertambah lagi menjadi 240 penerima beasiswa di 2017, lalu 360 penerima beasiswa di 2018.
 
"Terbaru di tahun ini, jumlah penerima beasiswa menjadi 420 orang dengan 21 PTS penyedia beasiswa senilai Rp40 miliar," sebut Mirdal.
 
Online Scholarship Competition (OSC) merupakan Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia, diadakan oleh portal berita dan video Medcom.id. OSC hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra-putri Indonesia agar bisa melanjutkan pendidikan hingga S1 dengan menggunakan beasiswa yang diberikan PTS mitra OSC.
 
OSC merupakan program kolaborasi antara Medcom.iddengan Perguruan Tinggi Swasta melalui perannya sebagai penyedia beasiswa. Dengan OSC peserta tidak lagi perlu datang secara fisik ke perguruan tinggi untuk mendaftarkan diri, melainkan cukup mengikuti proses pendaftaran dan seleksi tahap awal secara daring atau online.
 
OSC mempermudah proses tersebut, dimulai dari pendaftaran dan tes tahap awal yang dilakukan melalui sistem online. OSC kini telah memasuki tahun ke-5 penyelenggaraannya, bekerja sama dengan 21 Perguruan Tinggi Swasta ternama di Indonesia, yang berada di delapan kota yang berbeda (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Makassar dan Bali).
 
OSC diharapkan mampu menjadi daya dukung pendidikan tinggi yang memfasilitasi anak-anak berprestasi dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia. Karena untuk menuju SDM Unggul, Indonesia Maju, diperlukan pendidikan yang merata untuk seluruh putra putri Indonesia.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif