Menristek dan Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro. Foto:  MI/Susanto
Menristek dan Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro. Foto: MI/Susanto

Menristek Siap Bentuk Badan Riset Inovasi Nasional

Pendidikan Kabinet Jokowi-Maruf beasiswa osc
Antara • 23 Oktober 2019 14:35
Jakarta: Menteri Riset Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro mengatakan akan menyiapkan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Nasional. Badan ini sesuai amanat UU Sisnas Iptek (Sistem nasional Ilmu pengetahuan dan teknologi).
 
"Ya nanti, saya akan menyiapkan format badan itu sesuai UU," kata Bambang Brodjonegoro usai pelantikan Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Ia mengatakan, badan itu harus dibentuk sehingga riset-riset yang ada di Indonesia terutama di organisasi pemerintah lebih terorganisasi. Ketika ditanya apakah akan ada penghimpunan dana riset, dia menjawab, pihaknya akan memperhatikan amanat UU tentang Penelitian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan saya cari tahu dari pihak internal," kata mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas itu.
 
Mengenai pendidikan tinggi, ia mengatakan tidak di lembaga yang dipimpinnya, melainkan kembali ke Kemendikbud. "Enggak kan itu bukan ristek tapi kembali ke asalnya. Cuma sekarang harus bikin yang baru Badan Riset dan Inovasi Nasional," katanya.
 
Menurut dia, dengan lembaga baru itu maka tidak hanya berhenti di riset tapi berlanjut ke inovasinya. Ia juga mengatakan, Dana Riset Abadi nantinya akan dikelola badan tersebut.
 
"Nanti dikelola di situ, kalau tidak salah Rp900 miliar tahap pertama," katanya.
 
Sebelumhya, mantan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir menargetkan penggabungan lembaga riset beserta kementerian terkait di bawah Badan Riset Nasional (BRN) dimulai tahun depan.
 
“Kita implementasikan di tahun 2020 sampai seterusnya,” kata Nasir usai Pengukuhan Anggota Dewan Riset Nasional (DRN) di Gedung D Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Tugas BRN tertuang di dalam RUU Sisnas Iptek. Terkait status lembaga independen atau di bawah Kemenristekdikti masih dibahas lebih lanjut.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif