Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta
Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta

Penghapusan UN Harus Diikuti Perubahan Metode Belajar

Pendidikan Ujian Nasional
Muhammad Syahrul Ramadhan • 13 Desember 2019 21:09
Jakarta: Penyesuaian empat kebijakan pendidikan 'Merdeka Belajar' menuai banyak apresiasi, terutama terkait ditiadakannya Ujian Nasional 2021 mendatang. Namun kebijakan baru soal UN tersebut perlu diikuti dengan penyesuaian metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah.
 
Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Nadia Fairuza mengatakan, penyesuaian ini sangat penting agar peningkatan kualitas pendidikan nasional dan kompetensi siswa dilakukan secara komprehensif.
 
Selama ini, kata Nadia, metode pembelajaran faktanya masih mengedepankan hafalan. Dengan ujian Asesmen kompetensi minimum dan survei karakter ini, guru pun harus menyesuaikan diri dengan memberikan tugas yang mengasah kemampuan analitik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keputusan pemerintah untuk kemudian berfokus pada literasi dan numerasi ini juga patut diapresiasi. Numerasi dan literasi merupakan kemampuan dasar yang sudah seharusnya dapat dikuasai dengan baik oleh peserta didik di Indonesia agar menjadi modal berharga untuk mempelajari ilmu-ilmu lainnya.
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim resmi menetapkan sistem asesmen baru menggantikan Ujian Nasional (UN). Sistem asesmen ini mulai diterapkan di 2021, sekaligus menegaskan bahwa UN 2020 akan menjadi pelaksanaan UN yang terakhir.
 
"Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Terdiri atas kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter," kata Nadiem pada peluncuran Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”, di Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.
 
Pelaksanaan ujian tersebut akan dilakukan oleh siswa yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11), sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran. Hasil ujian ini tidak digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang selanjutnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif