Ilustrasi PTM. Branda Antara
Ilustrasi PTM. Branda Antara

Hardiknas, Kemendikbudristek Didorong Bumikan Pancasila di Sekolah Tak Sedakar Menghafal

Pendidikan pendidikan pancasila hari pendidikan nasional Hardiknas 2022
Renatha Swasty • 03 Mei 2022 10:10
Jakarta: Sekjen Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa Ki Saur Panjaitan XIII menyebut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) mesti menjadi dorongan Kemendikbudristek membumikan Pancasila di sekolah. Hal itu untuk menghasilkan pemimpin berbudi luhur di tengah perubahan zaman.  
 
"Mengambil momentum Hardiknas 2022, Kemendikbudristek memiliki kesempatan untuk menghidupkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan membumikan Pancasila di sekolah untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin Indonesia berbudi luhur, berbudaya tinggi, dan bermasyarakat gotong royong pada 2025–2045, di puncak transisi demografi, sebagai bonus, bukan bencana," kata Suar dalam Catatan Pinggir Hari Pendidikan Nasional yang diterima Medcom.id, Selasa, 3 Mei 2022.
 
Saur menyebut adaptasi diperlukan mengingat berada di dunia global dan konektivitas menjadi suatu keharusan. Namun, perlu meletakkan Pancasila sebagai dasar filosofi pendidikan untuk mencapai suatu tatanan kehidupan yang cerdas, baik politik-ekonomi maupun sosial-budaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pancasila bukan untuk dihafalkan, sebagaimana yang kita lakukan dan banggakan selama ini," tutur dia.
 
Dia menjelaskan dalam Taksonomi Bloom, menghafal ialah C1, tataran berpikir paling rendah. Saur mengatakan pemerintah perlu beranjak ke C2 dan C3, yakni memahami dan menerapkan Pancasila dalam kehidupan.
 
"Naik ke tataran berpikir tingkat tinggi, C4 menganalisis, C5 mengevaluasi, dan akhirnya C6 menciptakan tatanan kehidupan Pancasila, menghasilkan Pelajar Pancasila," tutur dia.
 
Dia yakin Indonesia bisa mencapai keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hal itu melalui diklat dengan narasumber ahli bangsa sendiri, yang di dalam diri mengalir darah merah putih.
 
Baca: Hardiknas Mesti Jadi Momen Hidupkan Kembali Budaya Pancasila pada Anak-anak
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif