Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Deni Noviana. DOK IPB
Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Deni Noviana. DOK IPB

Talent Mapping Maba IPB: 40% Mau Jadi Entrepreneur

Renatha Swasty • 27 Maret 2023 20:12
Jakarta: Mahasiswa Program Sarjana IPB University memiliki minat karier paling tinggi di bidang entrepreneur (43 persen) dan profesional (38 persen). Sedangkan, mahasiswa program vokasi, minat tertinggi pada bidang profesional (46 persen) dan entrepreneur (44 persen).
 
Hal itu terungkap dalam Hasil Talent Mapping Mahasiswa IPB Angkatan 59. Informasi talent mapping ini dapat menjadi dasar bagi fakultas, departemen, dan program studi, serta dosen penggerak dan mahasiswa untuk membagi pembelajaran sesuai dengan preferensi mahasiswa.
"Sehingga dapat menunjang peminatan dan kariernya,” ujar Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Deni Noviana, dalam keterangan pers, Senin, 27 Maret 2023.
 
Talent mapping merupakan gabungan serangkaian tes psikologis bersifat kualitatif dan unik dengan tes industrial yang bersifat kuantitatif yang ditujukan bagi mahasiswa baru. Poin-poin yang dianalisis ialah pengelolaan informasi pembelajaran, pengelolaan situasi yang dihadapi, interaksi dengan lingkungan pembelajaran, pengambilan keputusan dan kepemimpinan, serta saran pengembangan diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Kemahasiswaan IPB University, Ujang Suwarna, menjelaskan tujuan talent mapping agar mahasiswa dapat memiliki pola pikir masa depan untuk menjadi pemimpin transformatif. “Talent mapping mahasiswa baru ini dilakukan untuk menggambarkan tahap pembelajaran awal, tahap proses pembelajaran, dan tahap akhir pendukung pembelajaran,” papar dia.
 
Ujang menjelaskan mahasiswa dibagi berdasarkan gaya belajar, karakter, gaya kepemimpinan, dan kecenderungan minat karier. Minat karier berdasarkan pekerjaan yang dipilih di antaranya akademisi, kewirausahaan, birokrat, atau kepemimpinan dan profesional.
 
“Mahasiswa IPB University akan dibimbing untuk menjadi pemimpin transformatif dan resilien dengan indikator kepemimpinan, keterikatan diri, kesadaran situasi, pengambilan keputusan, serta inovasi dan kreativitas,” beber dia.
 
Ujang mengatakan pengembangan talenta mahasiswa diarahkan dengan integrasi pembelajaran dan kemahasiswaan melalui Kurikulum 2020 dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). IPB University akan merekomendasikan bentuk aktivitas sesuai dengan minat mahasiswa, seperti summer course, pelatihan, pengabdian masyarakat, proyek mandiri, wirausaha, talent pool, dan sebagainya.
 
“Sejalan dengan program MBKM, setiap aktivitas mahasiswa akan diberikan nilai penyetaraan dan pengakuan. Mahasiswa juga difasilitasi oleh program Career Development dan Assesment (CDA) untuk pengembangan karirnya,” ujar dia.
 
Baca juga: Hasil Talent Mapping IPB University, Ini Manfaatnya Bagi Dosen

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif