Usia 5,5 Tahun Boleh Masuk SD, Dengan Syarat Khusus
Anak-anak peserta lomba aneka permainan di Gebyar PAUD. Foto: MI/Djoko Sardjono.
Jakarta: Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat sekolah dasar mulai dibuka bulan ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya, anak usia di bawah 7 tahun diberikan akses untuk mendaftar, namun dengan syarat-syarat khusus.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 tahun 2018, persyaratan usia peserta didik dibatasi minimal 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.


"Sekolah wajib menerima peserta didik berusia tujuh tahun," kata Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Kemendikbud, Khamim saat dihubungi medcom.id, Kamis 24 Mei 2018.

Namun, anak berusia 5 tahun enam bulan (5,5 tahun) per Juli juga diberikan akses ikut PPDB 2018. Dengan syarat, memilki kecerdasan dan bakat istimewa yang telah dibuktikan.

"Kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional, atau jika tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah," jelasnya.

Meski begitu, tidak serta merta anak berusia 5,5 tahun dengan bakat khusus juga dapat langsung lolos. PPDB dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria dengan urutan prioritas yang  tercantum di pasal 12 Permendikbud nomor 14 tahun 2018.

Anak berusia 5 tahun enam bulan bisa diterima jika kapasitas sekolah memadai. Serta prioritas anak berusia tujuh tahun sudah terpenuhi.

"Bisa diterima jika daya tampung sekolah memadai, semua anak yang mendaftar berusia 7 tahun berada di wilayah zonasi sudah diakomodasi," pungkasnya.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id