Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kemendikbud, Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kemendikbud, Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Kebijakan Keringanan UKT untuk PTN dan PTS Dilanjutkan

Pendidikan Pendidikan Tinggi Biaya Pendidikan Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 08 Januari 2021 11:54
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali melanjutkan kebijakan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di semester genap 2020/2021 ini.  Kebijakan ini mempertimbangkan masih berlangsungnya pandemi covid-19 di Tanah Air.
 
"Hal tersebut masih berlaku. Bantuan uang kuliah juga masih kita siapkan untuk semester ini," kata Dirjen Dikti Kemendikbud, Nizam kepada Medcom.id, Jumat, 8 Januari 2021.
 
Nizam menyebut, tidak ada perubahan jumlah bantuan UKT yang akan disalurkan. Bantuan bakal disalurkan lewat Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun total anggaran untuk bantuan UKT yang disalurkan melalui skema Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) ini sebesar Rp1,007 triliun. Dana bantuan bakal langsung diberikan kepada perguruan tinggi.
 
Nizam mengatakan bantuan ini dikhususkan untuk mahasiswa yang perokonomiannya terdampak pandemi covid-19. Agar tidak ada mahasiswa yang putus kuliah di tengah pandemi.
 
Selain itu keringanan lainnya, kata Nizam, perguruan tinggi dapat membuat skema UKT baru kepada mahasiswa. Misalnya mahasiswa di masa akhir kuliah hanya diwajibkan membayar maksimal 50 persen dari UKT, dengan syarat jika mengambil maksimal enam SKS.
 
Baca juga:  Mahasiswa PTKI akan Kembali Dapat Keringanan UKT
 
Mahasiswa juga bisa mendapatkan keringanan cicilan pembayaran UKT dari perguruan tinggi. Pihak kampus juga bisa memberikan penundaan pembayaran UKT bagi mahasiswa.
 
Sebelumnya Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag) membahas rencana pemberian keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Sebelumnya kebijakan serupa telah diberikan pada tahun anggaran 2020 dan tertuang pada Keputusan Menteri Agama (KMA) 515/2020.
 
Direktur Diktis Kemenag, Suyitno mengatakan, sama seperti tahun sebelumnya, keringanan UKT tahun 2021 ini akan diberikan kepada mahasiswa terdampak pandemi covid-19. "Besaran dan mekanismenya diserahkan kepada Rektor/Ketua PTKIN," kata Guru Besar UIN Palembang ini, di Jakarta, Kamis, 7 Januari 2021.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif