Juri KJI XV  Fauzri Fahimuddin di gedung Direktorat Politeknik Negeri Jakarta (8/10) Foto: Medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan
Juri KJI XV Fauzri Fahimuddin di gedung Direktorat Politeknik Negeri Jakarta (8/10) Foto: Medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan

Juara Kompetisi Jembatan Layak Dilibatkan dalam Pembangunan Infrastruktur

Pendidikan prestasi mahasiswa
Muhammad Syahrul Ramadhan • 08 November 2019 16:31
Depok: Pembangunan jembatan-jembatan di Indonesia disarankan merekrut juara Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) untuk menjadi konsultannya. Bukan tanpa sebab, juara KJI dinilai sudah memiliki kemampuan untuk membuat rancang bangun jembatan dan membuat jembatan.
 
Juri KJI XV 2019, Fauzri Fahimuddin mengatakan, ajang tahunan ini mengasah kemampuan dasar peserta, sehingga nantinya bisa dikembangkan ketika masuk dunia kerja. Kemampuan dasar itu mencakup perencanaan, desain, konstruksi dan perawatan.
 
"Kita di sini membuat dasar seperti ajang pencarian bakat nyanyi. Pas profesional bisa berkreasi dengan basic experience yang mumpuni," ujarnya di gedung Direktorat Politeknik Negeri Jakarta, Jumat, 8 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu, Fauzri yang juga merupakan Ketua Pusat Unggulan Teknologi Infrastruktur Politeknik Negeri Jakarta menyarankan, agar konsultan ataupun kontraktor jembatan bisa merekrut jebolan KJI.Selain kontraktor, pemangku kepentingan juga diharapkan bisa merekrut mahasiswa yang juara KJI.
 
Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang, yakni saat membangun jembatan Jembatan Betek–Tembalangan.Desain jembatan tersebut merupakan karya mahasiswa Universitas Brawijaya, Arie Prayogi, Danny Zuan Afrizal, Erwin Widya Anggiantoro, dan Ferry Kustiawan.
 
"Scale asli di Malang karena komitmen pemda tinggi, jadi mereka yang juara dipanggil membuat jembatan yang mereka desain. Pihak pemda pengambil keputusan melihat jembatan ini ada bridge engineer. Sudah tertarik kedua involve ketiga juara," terangnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif