Kampus UI. Foto:  UI/Dok. Humas
Kampus UI. Foto: UI/Dok. Humas

UI Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi
Intan Yunelia • 18 September 2019 18:21
Jakarta: Universitas Indonesia (UI) kembali masuk jajaran universitas terbaik dunia, berada di peringkat 601-800 versi Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia, Times Higher Education (THE) 2020. Pemeringkatan kali ini, kembali menjadikan UI sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.
 
Tahun ini merupakan tahun ke-empat Indonesia masuk ke dalam pemeringkat THE World Universities Ranking (WUR). Sebanyak 1.400 Perguruan Tinggi dari 92 negara di dunia masuk ke dalam Pemeringkatan THE WUR 2020.
 
Rektor UI, Muhammad Anis mengapresiasi performa UI yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Indikator peningkatan peringkat UI salah satunya karena sinergi dengan dunia industri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


THE WUR menggunakan indikator sinergi industri dengan melalui terobosan inovasi. Ditambah penemuan maupun ide atas kebutuhan industri maupun masyarakat.
 
Sebagai perguruan tinggi terbaik negeri, UI berfokus agar dapat menjadi think tank serta pemecah permasalahan yang ada di tengah masyarakat. "Dengan fokus pada tiga rumpun penelitian yaitu penelitian kesehatan, sosial humaniora dan sains teknologi, UI berkomitmen menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat," kata Anis di Jakarta, Rabu 18 September 2019.
 
Pencapaian ini menurut Anis, tidak hanya berkat kontribusi warga UI saja, melainkan prestasi bangsa bahwa pendidikan tinggi di Indonesia telah diakui dunia. "Sebagai lokomotif perguruan tinggi di Indonesia, UI akan melesat maju menjadi perguruan tinggi yang mampu berkontribusi lebih untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing nasional di tingkat global, mempromosikan inovasi dan kewirausahaan serta mengatasi tantangan sosial," tuturnya
 
Sementara itu Lembaga pemeringkatan ini secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar), penelitian, transfer dan sharingkeilmuan serta cakupan internasional sebuah universitas.
 
"UI memperoleh total skor 28,3-35,2 dengan capaian per indikator yaitu Performa Pengajaran dengan skor : 38.7, Penelitian: 19.2, Performa Kutipan : 16.7, Sinergi dunia industri: 81.6, dan Cakupan internasionalisasi: 53.7," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif